PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS VI MI AL-ANWAR SAMPIRAN KABUPATEN CIREBON

Nur Kholifah, (2022) PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS VI MI AL-ANWAR SAMPIRAN KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, S1 PGMI IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
AWALAN DLL.pdf

Download (602kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAPUS.pdf

Download (91kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas peran guru dalam meningkatkan minat baca siswa pada pelajaran bahasa Indonesia di kelas VI MI Al-Anwar Sampiran Kabupaten Cirebon. Kendala, solusi, dan upaya dalam meningkatkan minat baca siswa pada pelajaran bahasa Indonesia di kelas VI MI Al-Anwar Sampiran Kabupaten Cirebon. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui guru dalam meningkatkan minat baca, kendala dan solusi yang dihadapi guru, dan minat baca siswa pada pelajaran bahasa Indonesia di kelas VI MI Al-Anwar Sampiran Kabupaten Cirebon. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif jenis deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah I guru kelas dan 37 siswa kelas VI MI Al-Anwar Sampiran. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian kesimpulan ini menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data dan triangulasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran guru dalam meningkatkan minat baca siswa pada pelajaran bahasa Indonesia di kelas VI MI Al-Anwar Sampiran Kabupaten Cirebon, yaitu: Membiasakan siswa belajar dan mengunjungi perpustakaan untuk membaca buku atau meminjam buku, memberi apresiasi kepada siswa, melakukan pendekatan di kelas, membiasakan siswa mencari buku atau bahan bacaan sesuai dengan kebutuhan, membiasakan budaya membaca, pembiasaan menggunakan metode. Berdasarkan kendala dalam meningkatkan minat baca yaitu jarang mengunjungi perpustakaan untuk membaca atau meminjam buku, kurangnya apresiasi dari guru, jarang mencari buku atau bahan bacaan sesuai dengan kebutuhan,kurangnya budaya membaca, adanya faktor-faktor baik dari luar maupun dari dalam, dan kurangnya penggunaan metode dalam meningkatkan minat baca. Pada saat pembelajaran bahasa Indonesia guru memberikan tugas kepada siswa untuk membaca, guru pun memberikan dorongan, motivasi, dan pengawasan yang ketat agar seluruh siswa pada saat pembelajaran tidak melakukan tindakan perilaku di luar pembelajaran. Minat baca siswa pada pelajaran bahasa Indonesia di kelas VI MI Al-Anwar Sampiran masih rendah ditunjukan dengan kurangnya kebiasaan membaca menjadi faktor penyebab rendahnya minat baca siswa pada pelajaran bahasa Indonesia di kelas VI.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Peran guru dalam meningkatkan minat baca pada pelajaran bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 7. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 17 Jan 2023 01:31
Last Modified: 17 Jan 2023 01:31
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/9297

Actions (login required)

View Item View Item