PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KARTU KATA BERGAMBAR TERHADAP PENGUASAAN KOSA KATA BAHASA SUNDA PADA SISWA KELAS V DI MI DARUL HIKMAH FULL DAY SCHOOL KOTA CIREBON

Aqmarina Putriansyah, (2022) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KARTU KATA BERGAMBAR TERHADAP PENGUASAAN KOSA KATA BAHASA SUNDA PADA SISWA KELAS V DI MI DARUL HIKMAH FULL DAY SCHOOL KOTA CIREBON. Bachelor thesis, S1 PGMI IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
AWALAN DLL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (330kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAPUS.pdf

Download (168kB) | Preview

Abstract

Pendidik masih jarang menggunakan media pembelajaran selama pembelajaran berlangsung mengakibatkan lemahnya penguasaan terhadap kosakata. Kosakata yang harus dikuasai peserta didik hanya dituliskan dipapan tulis dan peserta didik diminta mengingat dan menghafal kosakata tersebut. Perkembangan bahasa merupakan salah satu aspek yang dapat dikembangkan, dengan demikian kemampuan berbahasa harus di asah dan di kembangkan sejak anak usia dini. Aspek yang berkaitan dengan perkembangan bahasa lisan anak salah satunya adalah kosakata. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui penggunaan media kartu kata bergambar pada mata pelajaran Bahasa Sunda di kelas V MI Darul Hikmah Full Day School (2 )mengetahui penguasaan kosa kata Bahasa Sunda di kelas V MI Darul Hikmah Full Day School (3) mengetahui Pengaruh penggunaan media kartu kata bergambar terhadap penguasaan kosakata bahasa sunda di MI Darul Hikmah Full Day School. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Kartu Bergambar kartu kata bergambar (flashcard) adalah kartu kecil yang berisi gambar, teks, atau tanda simbol yang mengingatkan atau menuntun siswa kepada sesuatu yang berhubungan dengan gambar itu. Flashcard biasanya berukuran 8×12 cm, atau dapat disesuaikan dengan besar kecilnya kelas yang dihadapi. Kartu abjad dapat digunakan untuk latihan mengeja lancar. Kartu yang berisi gambar-gambar dapat digunakan untuk melatih siswa mengeja dan memperkaya kosakata. Penelitian ini mengunakan desain Pre-Eksperimen yaitu One Grop Pretest�Posttest. Populasi dan sampel dalam penelitian ini semua siswa kelas V MI Darul Hikmah Full Day School berjumlah 23 peserta didik. Pengumpulan menggunakan tes, dan observasi. Adapun hasil analisi data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan rumus hipotesis dengan bantuan SPSS V.2021 for windows. Hasil peneltian menunjukan (1) penggunaan Media Kartu Kata Bergambar dari hasil observasi di peroleh sebesar 99% dengan kategori “Sangat Baik”. (2) penguasaan kosakata siswa tergolong kategori tinggi dengan rata-rata 80,43. (3) terdapat pengaruh media kart kata bergambar terhadap penguasaan kosakata bahasa sunda dengan hasil uji t nilai signifikasi (2-tailed) 0,000<0,05 sehingga Hª diterima. Sehingga hal ini menunjukan bahwa pengaruh variabel bebas (Kartu Kata Bergambar) terhadap variabel terkait (Penguasaan Kosakata) memiliki pengaruh positif.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Media Kartu Kata Bergambar, Penguasaan Kosakata, Bahasa Sunda
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 7. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 17 Jan 2023 02:09
Last Modified: 17 Jan 2023 02:09
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/9305

Actions (login required)

View Item View Item