PENGARUH METODE GLOBAL BERBANTU KARTU HURUF TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA SISWA KELAS 1 MIN KOTA CIREBON

Nur Amanah, (2022) PENGARUH METODE GLOBAL BERBANTU KARTU HURUF TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA SISWA KELAS 1 MIN KOTA CIREBON. Bachelor thesis, S1 PGMI IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
AWALAN DLL.pdf

Download (568kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (531kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (509kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAPUS.pdf

Download (479kB) | Preview

Abstract

Kemampuan membaca siswa kelas 1 MIN Kota cirebon masih kurang dimana masih ada siswa yang masih belum mengenal huruf abjad, keliru antara huruf yang bentuk dan pengucapnya sama, susah dalam pengucapnnya dan sebagainya. Kendala-kendala tersebut yang telah disebutkan itu yang menyebabkan kemampuan membaca siswa kurang. Metode global atau kalimat merupakan salah satu metode membaca yang diawali dengan adanya gambar kemudian di bawahmya terdapat kalimat, kalimat tersebut diuraikan menjadi kata, kata menjadi suku kata, dan suku kata menjadi huruf. sedangkan kartu huruf merupakan sekumpulan kartu-kartu yang terbuat dari kertas yang mudah dibuat, termasuk media visual yang didalamnya terdapat abjad,mudah diingat dan belajar akan terasa menyeangkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memngetahui bagaimana penerapan metode global berbantu kartu huruf, untuk mengetahui bagaimna kemampuan membaca siswa kela 1 MIN Kota Cirebon,dan untuk pengaruh metode global berbantu kartu huruf terhadap kemampuan membaca siswa kelas 1 MIN Kota Cirebon. Dilihat analisis datanya penelitian ini digolongan dalam penelitian eksperiemn dan pendekatannya mengguakan pendekatan kuantitatif. Desain penelitian yang digunaka dalam penelitian ini yakni The nonequivalent pretes�podttes desigen. Desain pada penelitian ini digunakan untuk membandingkan dua kelompok, yaitu kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Data penelitian diolah dengan menggunakan analisis regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan metode global berbantu kartu huruf terhadap kemampuan membaca siswa itu baik untuk digunakan. Hasil pengujian hipotesis menunjukan bahwa metode global berbantu kartu huruf berepngaruh terhadap kemampuan membaca siswa kelas 1 MIN Kota Cirebon dan pengaruh yang diberikan merupakan pengaruh positif.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: kemampuan membaca,metode global,kartu huruf
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 7. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 18 Jan 2023 00:37
Last Modified: 18 Jan 2023 00:37
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/9309

Actions (login required)

View Item View Item