Ayu Zakiyyah Lu'luah Maknuunah, (2022) Strategi Guru Dalam Menumbuhkan Minat Baca Siswa Pada Pembelajaran Tatap Muka Di Era New Normal. Bachelor thesis, S1 PGMI IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
cover dll fix.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1 FIX.pdf Download (518kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 5 FIX.pdf Download (206kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA FIX.pdf Download (424kB) | Preview |
Abstract
Minat baca siswa khususnya siswa sekolah dasar lebih rendah di era new normal, pembelajaran yang dilaksanakan secara daring selama beberapa waktu cukup berpengaruh dalam turunya minat baca siswa. Selain itu terbatasnya gedung sekolah membuat buku-buku tidak dapat dikelola dengan baik diperpustakaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat baca siswa pada pembelajaran tatap muka di era new normal, Mengetahui pelaksanaan pembelajaran tatap muka di era new normal dan mengetahui strategi guru dalam menumbuhkan minat baca siswa pada pembelajaran tatap muka di era new normal. Permasalahan terkait minat baca yang rendah membuat strategi guru dalam menumbuhkan minat baca siswa menjadi penting terutama pada masa new normal, strategi guru yang harus diperhatikan dalam membangkitkan minat baca peserta didik yakni salah satunya adalah dengan membuat program minat baca yang sudah diintegrasikan dengan kurikulum pembelajaran (Anwar 2018) Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah mix method. Dengan menggunakan desain the embedded design yaitu seperangkat data penelitian yang satu dapat memberi peran sebagai pendukung dalam studi yang didasarkan pada jenis data yang lain. Jadi, peneliti menggunakan penelitian kualitatif yang menggunakan data kuantitatif sebagai pendukung. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara untuk data kualitatif dan angket serta observasi untuk data kuantitatif. Hasil dari penelitian ini bahwa minat baca siswa pada pembelajaran tatap muka diera new normal di MI Wathoniyah Pangenan mendekati tidak sesuai. Hal ini diketahui dari wawancara dan hasil dari presentasi angket dengan jumlah skor angket positif adalah 48,6 % dan jumlah skor angket negatif adalah 32.4% . dari analisis skala guttman, titik kesesuaian dibawah 50% yaitu 48,6% dan 32.4% . Strategi guru yang digunakan adalah dengan menerapkan kembali program literasi yang dibeberapa kelas dipadukan dengan pojok literasi. Kendala yang dialami guru dalam menjalankan strategi guru adalah keterbatasan buku, semangat membaca siswa, dan kurangnya pendampingan orang tua ketika pembelajaran untuk beberapa waktu dilaksanakan secara daring akibat dari pandemic covid-19.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Guru, Minat baca siswa |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 7. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | H. Tohirin S.Ag |
Date Deposited: | 18 Jan 2023 00:41 |
Last Modified: | 18 Jan 2023 00:41 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/9310 |
Actions (login required)
View Item |