Gina Aida Rizkia, (2022) Pola Asuh orang Tua dan Implikasinya Terhadap Pembentukan Karakter Anak di MI Negeri Kota Cirebon. Bachelor thesis, S1 PGMI IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
awalan dll.pdf Download (773kB) | Preview |
|
|
Text
bab i.pdf Download (273kB) | Preview |
|
|
Text
bba v.pdf Download (303kB) | Preview |
|
|
Text
dapus.pdf Download (342kB) | Preview |
Abstract
Permasalahan karakter menjadi bahan pemikiran yang memprihatinkan, melihat realita semakin meningkatnya krisis moral terutama pada generasi muda. Karakter yang terbina erat kaitannya dengan pola asuh yang diterapkan oleh orang tua kepada anaknya. Berdasarkan observasi yang peneliti lakukan pada kelas IV dan V menunjukkan bahwa adany perilaku-perilaku menyimpang yang dilakukan oleh anak diantaranya: 1) Saling mengejek antar teman; 2) Berkelahi; 3) tidak disiplin di kelas; 4) Kurang mandiri. Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui bagaimana pola asuh orang tua yang sering diterapkan kepada anak dan bagaimana karakter yang dimiliki siswa, kemudian akan dianalisis seberapa besar hubungan pola asuh orang tua terhadap pembentukan Karakter Siswa kelas IV dan V MI Negeri Kota Cirebon. Pola adalah model dan istilah asuh diartikan menjaga, merawat dan mendidik anak atau diartikan memimpin, membina, melatih anak supaya bisa mandiri. Pola asuh yang diterapkan kepada anaknya akan menghasilkan karakter siswa yang beragam. Karakter baik atau buruk pada anak tergantung pada pola asuh yang diterapkan olehnya. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif metode non eksperimen dengan desain penelitian survey, populasi dalam penelitian ini siswa – siswi MI Negeri kota Cirebon dan diambil sample kelas IV dan V sebanyak 79 siswa beserta orangtuanya menggunakan teknik random sampling. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, penyebaran angket, dan dokumentasi. Kemudian data yang diperoleh dianalisis datanya menggunakan uji korelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola asuh orang tua memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap pembentukan karakter anak, yang dibuktikan oleh hasil perhitungan uji korelasi sebesar 0,098633 dengan demikian pengaruh pola asuh orang tua sangat lemah terhadap pembentukan anak. Hal ini dikarenakan pembentukan karakter anak tidak hanya dipengaruhi oleh pola asuh orang tua, tetapi oleh pengaruh pergaulan, lingkungan, kondisi geografis dan lain sebagainya. Dari penelitian yang dilakukan diketahui bahwa pola asuh orang tua yang paling dominan diterapkan adalah pola asuh demokratis. Hasil dari penerapan pola asuh demokratis tentunya menjadikan anak menjadi lebih disiplin, mandiri, dan memiliki karakter cinta damai yang tinggi.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pola Asuh Orang Tua, Pembinaan, Karakter Siswa |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 7. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | H. Tohirin S.Ag |
Date Deposited: | 18 Jan 2023 01:31 |
Last Modified: | 18 Jan 2023 01:31 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/9323 |
Actions (login required)
View Item |