Pengaruh Media Pembelajaran Ular Tangga Terhadap Keaktifan Belajar IPS di Kelas IV MI Nurul Hidayah Kabupaten Brebes

Erin Laeli Rochmatin, (2022) Pengaruh Media Pembelajaran Ular Tangga Terhadap Keaktifan Belajar IPS di Kelas IV MI Nurul Hidayah Kabupaten Brebes. Bachelor thesis, S1 PGMI IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
AWALAN DLL.pdf

Download (828kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (296kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAPUS.pdf

Download (137kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi olehKurangnya kreativitas guru dalam memanfaatkan media pembelajaran ular tangga ataupun media pembelajaran lainnya, sehingga siswa kurang terlibat dan siswa mudah merasa jenuhdalam proses pembelajaran IPS.Permasalahan dalam penelitian ini adalah : 1. Kurangnya kreativitas guru dalam memanfaatkan media pembelajaran ular tangga, 2.Kurangnya kecocokan materi dengan media pembelajaran, 3. Kurangnya keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran IPS, sehingga siswa mudah merasa jenuh, 4. Kurangnya keaktifan belajar IPS. Penelitian ini bertujuan : 1). Untuk mendeskripsikan media pembelajaran ular tangga tokoh-tokoh pahlawan nasional indonesia. 2). Untuk mendeskripsikan keaktifan belajar IPS materi tokoh- tokoh pahlawan nasional indonesia. 3). Untuk mendeskripsikanpengaruh media pembelajaran ular tangga terhadap keaktifan belajar IPS materi tokoh- tokoh pahlawan nasional indonesia di kelas IV MI Nurul Hidayah Kabupaten Brebes. Penelitian inimenggunakan pendekatan kuantitatif, metode eksperimen, desain penelitian tipe pre-experimental one-shot case stady desain. Populasi dan sampel 38 siswa yang terdiri dari 23 laki-laki dan 15 perempuan menggunakan teknik sempling jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi partisipasif, kuesioner (angkat) dan dokumentasi. Analisis Data menggunakan uji normalitas, uji linieritas, uji regresi linear sederhana, dan uji koefisien determinansi. Dari hasil penelitian tersebut dapat di ketahui bahwa : 1. penggunaan media pembelajaran ular tangga memiliki nilai pertitungan rata-rata (meen) pada angket 83% dan pada observasi 85,6% dengan kategori sangat baik atau sangat layak. 2. keaktifan belajar IPS memiliki nilaiperhitungan rata-rata (meen) pada angket 775% dan pada observasi bahwa siswa kelas IV sebagian besar masuk pada interval 12 < Skor ≤ 18 sebanyak 24 siswa dengan prosentase 63% dengan kategori baik. 3.pengaruh media pembelajarana ular tangga terhadap keaktifan belajar IPS di kelas IV MI Nurul Hidayah Kabupaten Brebes uji hipotesis dengan uji regresi linear sederhana didapatkan nilai sig 0,857 > 0,05 dan uji keefisien determinansi didapatkan nilai R Square 0,392 < 005. Maka hal ini menunjukan bahwa tidak ada pengaruh yang signifikansi antara variabel independen terhadap variabel dependen. Karena pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen hanya sebesar 39,2%. dan sisanya 60,8% dipengaruhi faktor lain.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Ular Tangga, Keaktifan Belajar IPS
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 7. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 20 Jan 2023 00:33
Last Modified: 20 Jan 2023 00:33
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/9327

Actions (login required)

View Item View Item