PENGARUH PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS PADA MASA PANDEMI COVID-19 TERHADAP MINAT BELAJAR IPS KELAS 5 MI AL ANWAR SAMPIRAN KABUPATEN CIREBON

Gina Ainun Nadhifah, (2022) PENGARUH PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS PADA MASA PANDEMI COVID-19 TERHADAP MINAT BELAJAR IPS KELAS 5 MI AL ANWAR SAMPIRAN KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, S1 PGMI IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
AWALAN DLL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (286kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAPUS.pdf

Download (226kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini didasarkan oleh permasalahan masih banyak siswa kelas 5 yang kurang berminat dalam mengikuti proses pembelajaran terutama pada mata pelajaran IPS di Sekolah. Minat belajar IPS di kelas 5 yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan proses pembelajaran tatap muka terbatas pada masa pandemi covid-19 di kelas 5 MI Al Anwar Sampiran Kabupaten Cirebon. (2) mendeskripsikan minat belajar IPS di kelas 5 MI Al Anwar Sampiran Kabupaten Cirebon. (3) mendeskripsikan pegaruh proses pembelajaran tatap muka terbatas pada masa pandemi covid-19 terhadap minat belajar IPS di kelas 5 MI Al Anwar Sampiran Kabupaten Cirebon. Mengapa proses pembelajaran dapat mempengaruhi minat belajar siswa, karena proses pembelajaran tatap muka terbatas pada masa pandemi covid-19 materi yang disampaikan dibuat secara cermat (singkat dan jelas) yang mudah dipahami oleh siswa. Dengan begitu siswa akan selalu memilki rasa minat ingin belajar pada saat proses pembelajaran berlangsung. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian pre-experimental design (nondesigns) dengan model One�Shot Case Study. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket dan dokumentasi. Sampel yang digunakan adalah sampel jenuh karena mengambil seluruh jumlah siswa kelas 5 MI Al anwar Sampiran Kabupaten Cirebon yang berjumlah 31 siswa. Data penelitian ini diolah dengan menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas, uji linieritas, uji regresi sederhana, uji korelasi, uji determinasi, uji t dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukan (1) proses pembelajaran tatap muka terbatas pada masa pandemi covid-19 di peroleh presentase yaitu sebesar 84% siswa antusias dalam pembelajaran tersebut dan dikategorikan dengan presentase sangat baik. (2) minat belajar IPS tergolong kategori baik dengan presentase 71,62%.(3) Terdapat pengaruh yang signifikan antar proses pembelajaran tatap muka terbatas pada masa pandemi covid-19 dengan minat belajar IPS sebesar 13%, dengan nilai sig 0.000 < Probabilitas 0.05. kemudian diketahui t hitung -9.103 > t tabel 2,042 maka dapat disimpulkan Hₐ di terima dan Hₒ di tolak artinya ada pengaruh yang signifikan antara proses pembelajaran tatap muka terbatas pada masa pandemi covid-19 dengan minat belajar IPS.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Tatap Muka Terbatas, Minat Belajar
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 7. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 20 Jan 2023 00:59
Last Modified: 20 Jan 2023 00:59
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/9331

Actions (login required)

View Item View Item