PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA DAKOTA (DAKON MATEMATIKA) TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN DI KELAS II MI SALAFIYAH KOTA CIREBON

Ulfa Seftiani, (2022) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA DAKOTA (DAKON MATEMATIKA) TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN DI KELAS II MI SALAFIYAH KOTA CIREBON. Bachelor thesis, S1 PGMI IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
AWALAN DLL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (520kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAPUS.pdf

Download (257kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya permasalahan yang diketahui dari studi pendahuluan yang mana terdapat permasalahan mengenai minat belajar siswa dalam belajarnya, seperti kurang semangat dalam pembelajaran. Penelitian ini mengangkat tentang media Dakon Matematika dalam Pembelajaran matematika terhadap Minat Belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan media Dakota (Dakon Matematika) terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran matematika di kelas II MI Salafiyah Cirebon. Media Dakon Matematika merupakan media dalam bentuk balok yang digunakan untuk mengoprasikan oprasi hitung dalam matematika. Media Dakota (Dakon Matematika) merupakan media pembelajaran tiga dimensi yang terbuat dari botol plastik dan seterofom yang dimanfaatkan sebagai salah satu media pembelajaran matematika bagi guru untuk memudahkan menyampaikan pembelajaran kepada siswa dalam memecahkan masalah persoalan matematika tentang oprasi hitung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan Ex Post Facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas II di MI Salafiyah Kota Kota Cirebon. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampel jenuh sebanyak 28 siswa. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah Pembelajaran mengunakan media Dakon Matematika sementara variabel terikatnya yaitu minat belajar. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil angket minat siswa di kelas II MI Salafiyah Kota Cirebon sebelum menggunakan media corong mendapatkan nilai baik yaitu 60%.sedangkan hasil angket minat belajar setelah memenggunakan media corong berhitung mendapat nilai lebih besar, yaitu sebesar 95%. Hasil analisis dilihat bahwa Media Dakon Matematika memiliki pengaruh positif terhadap Minat belajar. Hal ini dibuktikan dengan nilai p-value (sig.t) < 0,05 yaitu 0,003 < 0,05, dan nilai thitung> ttabel yaitu 4.924> 1.706. Artinya Ho ditolak dan Ha diterima, dengan demikian Terdapat Pengaruh penggunaan Media Corong Hitung Terhadap Minat Belajar Matematika Pada Siswa di Kelas II MI Salafiyah Kota Cirebon.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Penggunaan Media Dakon Matematika, Minat Belajar
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 7. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 20 Jan 2023 02:04
Last Modified: 20 Jan 2023 02:04
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/9342

Actions (login required)

View Item View Item