Nur Saebah, (2022) PENGARUH PROMOSI GRATIS ONGKIR TERHADAP IMPULSE BUYING DENGAN FLASH SALE SEBAGAI VARIABLE INTERVENING PADA E-COMMERCE SHOPEE. Bachelor thesis, S1 Ekonomi Syariah IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
1808204084_1_cover.pdf Download (996kB) | Preview |
|
|
Text
1808204084_2_bab1.pdf Download (242kB) | Preview |
|
|
Text
1808204084_6_bab5.pdf Download (135kB) | Preview |
|
|
Text
1808204084_7_dafpus.pdf Download (280kB) | Preview |
Abstract
Tingginya minat berbelanja online terutama kalangan mahasiswa membuat banyak e-commerce baru bermunculan di Indonesia, salah satunya yaitu Shopee. Program promosi gratis ongkir dan flash sale membuat Shopee menjadi salah satu platform belanja online yang populer di Indonesia. Waktu yang terbatas pada program promosi gratis ongkir dan flash sale menimbulkan kesan dibenak konsumen bahwa penawaran tersebut hanya berlangsung sekali sehingga memotivasi konsumen untuk melakukan pembelian impulsif. Tujuan penelitian ini adalah: Pertama, untuk mengetahui berapa besar pengaruh promosi gratis ongkir terhadap impulse buying Shopee pada mahasiswa Ekonomi Syariah 2018 IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Kedua, untuk mengetahui berapa besar pengaruh promosi gratis ongkir terhadap flash sale Shopee pada mahasiswa Ekonomi Syariah 2018 IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Ketiga, untuk mengetahui berapa besar pengaruh flash sale terhadap impulse buying Shopee pada mahasiswa Ekonomi Syariah 2018 IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Dan Keempat, untuk mengetahui seberapa kuat pengaruh langsung atau tidak langsung promosi gratis ongkir terhadap impulse buying Shopee dengan flash sale sebagai variable intervening pada mahasiswa Ekonomi Syariah 2018 IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jumlah sampel sebanyak 60 responden dari 105 populasi dengan penyebaran kuesioner dengan menggunakan alat SPSS 26. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan metode slovin. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu meliputi uji instrumen penelitian, uji asumsi klasik, uji analisis path, uji hipotesis dan uji koefisien determinasi. Adapun hasil dari penelitian ini, secara parsial promosi gratis ongkir memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap impulse buying, dibuktikan dengan hasil thitung > ttabel (3,802>1,671) dan nilai signifikannya 0,000< 0,05. Kedua, promosi gratis ongkir berpengaruh positif dan signifikan terhadap flash sale, dibuktikan dengan hasil thitung > ttabel (7,066>1,671) dan nilai signifikannya 0,000< 0,05. Ketiga, flash sale memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap impulse buying, dibuktikan dengan hasil thitung > ttabel (9,583>1,671) dan nilai signifikannya 0,000< 0,05. Dan terakhir secara simultan promosi gratis ongkir secara tidak langung berpengaruh positif dan signifikan terhadap impulse buying yang dimediasi oleh flash sale pada e-commerce Shopee secara bersama-sama(simultan), dibuktikan dengan direct effect < indirect effect (0,447<0,532), hasil thitung > ttabel (3,417>1,671) dengan tingkat signifikasi 0,05.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Promosi Gratis Ongkir, Flash Sale, Impulse Buying, Shopee |
Subjects: | H Social Sciences > HA Statistics T Technology > Information Technology |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam |
Depositing User: | H. Tohirin S.Ag |
Date Deposited: | 07 Feb 2023 00:53 |
Last Modified: | 07 Feb 2023 00:53 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/9515 |
Actions (login required)
View Item |