Miftah Fahmi, (2022) PENGARUH HARGA DAN KETERSEDIAAN PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN BERBELANJA FASHION DI PASAR CILIMUS KUNINGAN. Bachelor thesis, S1 Ekonomi Syariah IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
1808204078_1_cover.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
1808204078_2_bab1.pdf Download (340kB) | Preview |
|
|
Text
1808204078_6_bab5.pdf Download (149kB) | Preview |
|
|
Text
1808204078_7_dafpus.pdf Download (265kB) | Preview |
Abstract
Pasar merupakan pusat perbelanjaan masyarakat, dengan adanya pasar memudahkan bagi masyarakat terdekat untuk berbelanja guna untuk memenuhi kebutuhan yang diperlukan. Di dalam pasar terdapat banyak toko dan berbagai jenis produk yang di sediakan untuk memenuhi kebutuhan konsumen, oleh karena itu persaingan antara pedagang untuk menarik pelanggan sudah menjadi hal biasa yang sering terjadi di pasar. Untuk menghadapi persaingan tersebut para pedagang harus mengetahui betul produk seperti apa yang harus disajikan di pasar dan dibutuhkan konsumen. dan pedagang juga harus meningkatkan kinerja pemasarannya agar profitabilitas usaha bagus terutama dalam hal produk dan harga. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah variabel harga dan ketersediaan produk berpengaruh terhadap keputusan konsumen untuk berbelanja. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan mengolah data rasio dan yang menjadi fokus dari penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya pengaruh antar variabel yang diteliti. Penelitian ini dilakukan di pasar Cilimus Kabupaten Kuningan Jawa Barat dengan populasi yang di ambil adalah konsumen yang berbelanja pakaian di pasar tradisional Cilimus dengan sampel yang di ambil sebanyak 100 responden dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, angket (kuesioner), dan dokumentasi. Setelah data terkumpul data di analisis menggunakan analisis regresi linier berganda yang di bantu oleh sofware IBM SPSS versi 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa harga (X1) dan ketersediaan Produk (X2) berpengaruh positif dan signifikan baik secara parsial maupun secara simultan. Di hasilkan juga berdasarkan hasil uji koefisien determinasi (R2) bahwa variabel independen harga dan ketersediaan produk berkontribusi sebesar 37,9% terhadap variabel dependen (Y) keputusan konsumen berbelanja, Sedangkan sisanya yaitu 62,1% dipengaruhi oleh faktor lain selain faktor harga dan ketersediaan produk.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Harga, Produk, Belanja |
Subjects: | H Social Sciences > HC Economic History and Conditions |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam |
Depositing User: | H. Tohirin S.Ag |
Date Deposited: | 07 Feb 2023 01:28 |
Last Modified: | 07 Feb 2023 01:28 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/9522 |
Actions (login required)
View Item |