Lailatis Syarifah, (2022) PENGARUH RELIGIUSITAS, KEPERCAYAAN DAN DIGITAL LITERACY TERHADAP MINAT MUZAKKI MEMBAYAR ZAKAT MELALUI FINTECH. Bachelor thesis, S1 Ekonomi Syariah IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
1808204098_1_cover.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
1808204098_2_bab1.pdf Download (785kB) | Preview |
|
|
Text
1808204098_6_bab5.pdf Download (246kB) | Preview |
|
|
Text
1808204098_7_dafpus.pdf Download (486kB) | Preview |
Abstract
Penghimpunan dana zakat dengan potensi zakat di Indonesia belum maksimal, dikarenakan masih banyaknya Muzakki yang tidak menyalurkan zakatnya melalui lembaga amil zakat karena beberapa faktor. Perkembangan era digital saat ini memberikan kemudahan bagi Muzakki untuk menunaikan zakatnya melalui kanal digital dengan bantuan financial technology. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh religiusitas, kepercayaan dan digital literacy terhadap minat Muzakki membayar zakat melalui fintech. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Data yang diperolehdari penyebaran angket. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji heteroskedastisitas, uji multikolinearitas, uji linearitas, uji regresi linear berganda, uji t, uji F, dan uji koefisien determinasi. Hasil dari penelitian ini adalah variabel religiusitas tidak berpengaruh signifikan terhadap minat Muzakki membayar zakat melalui fintech dibuktikan dari nilai t hitung < dari t tabel yaitu 0,741 lebih kecil dari t tabel 1,66159 dan nilai sig (0,460) > 0,05. Variabel kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat Muzakki membayar zakat melalui fintech dibuktikan dari nilai t hitung > t tabel yaitu 6,003 lebih besar dari 1,66159 dan nilai sig (0,000) < 0,05. Variabel digital literacy berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat Muzakki membayar zakat melalui fintech dibuktikan dari nilai t hitung> t tabel yaitu 2,14 lebih besar dari 1,66159 dan nilai sig (0,012) < 0,05. Kemudian variabel religiusitas, kepercayaan dan digital literacy bersama−sama berpengaruh signifikan terhadap minat Muzakki membayar zakat melalui fintech dengan hasil F hitung > F tabel yaitu 29,9006 > 2,14 dan nilai sig 0,000 < 0,05.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Religiusitas, Kepercayaan, Digital Literacy, Zakat, Fintech |
Subjects: | Filsafat, Psikologi, Agama > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc H Social Sciences > HA Statistics T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam |
Depositing User: | H. Tohirin S.Ag |
Date Deposited: | 07 Feb 2023 02:25 |
Last Modified: | 07 Feb 2023 02:25 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/9528 |
Actions (login required)
View Item |