Sabilah, (2022) EFEKTIVITAS PELAYANAN PUBLIK DALAM PEMBUATAN KARTU TANDA PENDUDUK ELEKTRONIK (KTP-EL) DAN KARTU KELUARGA (KK) DI KANTOR KECAMATAN SUMBER KABUPATEN CIREBON PERSPEKTIF FIQH SIYĀSAH. Bachelor thesis, S1 Hukum Tata Negara IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
1808206046_1_cover.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
1808206046_2_bab1.pdf Download (665kB) | Preview |
|
|
Text
1808206046_6_bab5.pdf Download (209kB) | Preview |
|
|
Text
1808206046_7_dafpus.pdf Download (303kB) | Preview |
Abstract
Organisasi atau instansi pemerintahan khususnya pemerintah daerah memiliki salah satunya yaitu sebagai penyelenggara pelayanan publik kepada masyarakat. Dapat dikatakan bahwa pelayanan publik merupakan bagian dari tugas penting yang tidak bisa diabaikan oleh pemerintah sebagai penyelenggara pelayanan publik. Pelayanan publik adalah kegiatan atau rangkaian kegiatan dalam rangka pemenuhan kebutuhan pelayanan sesuai dengan peraturan perundang-undangan bagi setiap warga negara dan penduduk atas barang, jasa, dan/atau administratif yang disediakan oleh penyelenggara pelayanan publik. Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik dapat dijadikan sebagai dasar hukum pelayanan publik dan diharapkan dapat mengatur instansi pemerintahan sebagai penyelenggara dan aparatur pemerintah sebagai pelaksana pelayanan publik agar dapat mewujudkan pelayanan yang baik sesuai dengan harapan dan kebutuhan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan berikut: (1) Bagaimana efektivitas pelaksanaan pelayanan publik dalam pembuatan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el) dan Kartu Keluarga (KK) di Kantor Kecamatan Sumber Kabupaten Cirebon?. (2) Bagaimana tinjauan fiqh siyāsah terhadap pelaksanaan pelayanan publik dalam pembuatan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el) dan Kartu Keluarga (KK) di Kantor Kecamatan Sumber Kabupaten Cirebon?. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dan menggunakan metode pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun hasil dari penelitian ini yaitu: (1) Efektivitas pelayanan publik dalam pembuatan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el) dan Kartu Keluarga (KK) di Kantor Kecamatan Sumber Kabupaten Cirebon sudah berjalan dengan efektif, meskipun pada indikator waktu penyelesaian masih terdapat kekurangan atau belum maksimal yang disebabkan oleh seringnya terjadi kekosongan blanko pada pembuatan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el). (2) Dalam tinjauan fiqh siyāsah bahwa kebijakan terhadap pelaksanaan pelayanan publik di Kantor Kecamatan Sumber Kabupaten Cirebon sudah mencerminkan syariat Islam yang benar dengan menjadikan sikap dan perilaku Rasulullah SAW sebagai uswatun ḥasanah (suri teladan). Sikap dan perilaku tersebut yaitu ṣiddīq (benar), amānah (dapat dipercaya), tablīg (menyampaikan), dan faṭānah (bijaksana). Keempat sikap dan perilaku tersebut sudah diterapkan oleh pegawai pelayanan publik di Kantor Kecamatan Sumber Kabupaten Cirebon.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pelayanan Publik, Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el) dan Kartu Keluarga, Fiqh Siyāsah |
Subjects: | J Political Science > JS Local government Municipal government |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam |
Depositing User: | H. Tohirin S.Ag |
Date Deposited: | 07 Feb 2023 07:10 |
Last Modified: | 07 Feb 2023 07:10 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/9562 |
Actions (login required)
View Item |