EFEKTIVITAS PELAYANAN PUBLIK DALAM PEMBUATAN KARTU TANDA PENDUDUK ELEKTRONIK (KTP-EL) DAN KARTU KELUARGA (KK) DI KANTOR KECAMATAN SUMBER KABUPATEN CIREBON PERSPEKTIF FIQH SIYĀSAH

Sabilah, (2022) EFEKTIVITAS PELAYANAN PUBLIK DALAM PEMBUATAN KARTU TANDA PENDUDUK ELEKTRONIK (KTP-EL) DAN KARTU KELUARGA (KK) DI KANTOR KECAMATAN SUMBER KABUPATEN CIREBON PERSPEKTIF FIQH SIYĀSAH. Bachelor thesis, S1 Hukum Tata Negara IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
1808206046_1_cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808206046_2_bab1.pdf

Download (665kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808206046_6_bab5.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808206046_7_dafpus.pdf

Download (303kB) | Preview

Abstract

Organisasi atau instansi pemerintahan khususnya pemerintah daerah memiliki salah satunya yaitu sebagai penyelenggara pelayanan publik kepada masyarakat. Dapat dikatakan bahwa pelayanan publik merupakan bagian dari tugas penting yang tidak bisa diabaikan oleh pemerintah sebagai penyelenggara pelayanan publik. Pelayanan publik adalah kegiatan atau rangkaian kegiatan dalam rangka pemenuhan kebutuhan pelayanan sesuai dengan peraturan perundang-undangan bagi setiap warga negara dan penduduk atas barang, jasa, dan/atau administratif yang disediakan oleh penyelenggara pelayanan publik. Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik dapat dijadikan sebagai dasar hukum pelayanan publik dan diharapkan dapat mengatur instansi pemerintahan sebagai penyelenggara dan aparatur pemerintah sebagai pelaksana pelayanan publik agar dapat mewujudkan pelayanan yang baik sesuai dengan harapan dan kebutuhan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan berikut: (1) Bagaimana efektivitas pelaksanaan pelayanan publik dalam pembuatan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el) dan Kartu Keluarga (KK) di Kantor Kecamatan Sumber Kabupaten Cirebon?. (2) Bagaimana tinjauan fiqh siyāsah terhadap pelaksanaan pelayanan publik dalam pembuatan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el) dan Kartu Keluarga (KK) di Kantor Kecamatan Sumber Kabupaten Cirebon?. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dan menggunakan metode pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun hasil dari penelitian ini yaitu: (1) Efektivitas pelayanan publik dalam pembuatan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el) dan Kartu Keluarga (KK) di Kantor Kecamatan Sumber Kabupaten Cirebon sudah berjalan dengan efektif, meskipun pada indikator waktu penyelesaian masih terdapat kekurangan atau belum maksimal yang disebabkan oleh seringnya terjadi kekosongan blanko pada pembuatan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el). (2) Dalam tinjauan fiqh siyāsah bahwa kebijakan terhadap pelaksanaan pelayanan publik di Kantor Kecamatan Sumber Kabupaten Cirebon sudah mencerminkan syariat Islam yang benar dengan menjadikan sikap dan perilaku Rasulullah SAW sebagai uswatun ḥasanah (suri teladan). Sikap dan perilaku tersebut yaitu ṣiddīq (benar), amānah (dapat dipercaya), tablīg (menyampaikan), dan faṭānah (bijaksana). Keempat sikap dan perilaku tersebut sudah diterapkan oleh pegawai pelayanan publik di Kantor Kecamatan Sumber Kabupaten Cirebon.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Pelayanan Publik, Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el) dan Kartu Keluarga, Fiqh Siyāsah
Subjects: J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 07 Feb 2023 07:10
Last Modified: 07 Feb 2023 07:10
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/9562

Actions (login required)

View Item View Item