PENERAPAN UNDANG-UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN DALAM JUAL BELI ONLINE PERSPEKTIF HUKUM EKONOMI SYARIAH (Studi Kasus pada Seller Lazada di Cirebon)

Siti Hasanatul Umriyah, (2022) PENERAPAN UNDANG-UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN DALAM JUAL BELI ONLINE PERSPEKTIF HUKUM EKONOMI SYARIAH (Studi Kasus pada Seller Lazada di Cirebon). Bachelor thesis, S1 Hukum Ekonomi Syariah IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
AWALAN DLL.pdf

Download (765kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (363kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAPUS.pdf

Download (292kB) | Preview

Abstract

Jual beli Online merupakan pertukaran antara penjual dan pembeli menggunakan metode online dengan memanfaatkan fasilitas internet yang efektif. Jual beli Online mempermudahkan kebutuhan yang masyarakat inginkan tanpa keluar rumah dan mengeluarkan banyak tenaga, penghemat biaya, efisensi waktu. Namun, Jual beli Online ini banyak sekali yang menfaatkan dari segi buruk seperti kecurangan-kecurangan transaksi pembayaran, kecatatan barang, harga barang, kualitas barang, dan jasa pelayanan yang kurang nyaman. Oleh karena itu harus menerapan perlindungan hukum terhadap konsumen supaya tidak terjadi hal-hal yang lebih buruk dan merugikan banyak konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang menjadi rumusan masalah: Bagaimana tingkat kepercayaan terhadap jual beli online pada toko Lazada, kebijakan seller lazada untuk melindungi konsumen dan perlindungan konsumen menurut Undang-undang No.8 Tahun 1999 dan perspektif hukum ekonomi syariah. Peneliti ini menggunakan metode kualitatif dan menggunakan pendekatan yuridis normatif dibantu dengan data primer. Sumber data dalam penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder. Salah satu teknik pengumpulan datanya yaitu menggunakan metode wawancara, observasi, dokumentasi Adapun hasil dari penelitian ini pertama, Tingkat kepercayaan konsumen ada beberapa komponen yang mempengaruhi tingkat kepercayaan konsumen yaitu kemudahan akses layanan kualitas produk yang dijual, pelayanan yang ramah, baik dan jujur, jaminan perlindungan barang, pengiriman barang tepat waktu, upaya untuk menghindari penipuan harus lebih teliti saat belanja online di toko Lazada dan melihat penilianya toko. Kedua, Kebijakan seller yang terdapat pada seller di Cirebon yaitu Kualitas produk, pelayanan, pengiriman barang, mengembalikan barang, dan memberikan jaminan. Ketiga, Perlindungan Konsumen berdasarkan Undang-undang No.8 Tahun 1999, yang menjelaskan tentang Perlindungan Konsumen pada pasal 1 ayat (1), Konsumen yang dijelaskan pada pasal 1 ayat (2), Pihak Usaha dijelaskan pada pasal 1 ayat (3), Hak dan kewajiban konsumen dijelaskan pada pasal 4-5, hak dan kewajiban pihak usaha dijelaskan pada pasal 6-7.Berdasarkan Perspektif hukum ekonomi syariah, dalam hukum islam ada prinsip jual beli yaitu ketika saling merelakan, kemafaatan, keadilan, jujuran dan menerima dengan ikhlas.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Penerapan, Perlindungan, Konsumen, Jual beli online
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Hukum Ekonomi Islam (Muamalah)
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 08 Feb 2023 06:02
Last Modified: 08 Feb 2023 06:03
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/9643

Actions (login required)

View Item View Item