PENGARUH DIGITAL MARKETING INSTAGRAM DAN BRAND IMAGE TERHADAP MINAT NASABAH MENGGUNAKAN BANK SYARIAH (Studi Pada Nasabah Bank Muamalat KCP Sumber)

Dea Novitasari, (2022) PENGARUH DIGITAL MARKETING INSTAGRAM DAN BRAND IMAGE TERHADAP MINAT NASABAH MENGGUNAKAN BANK SYARIAH (Studi Pada Nasabah Bank Muamalat KCP Sumber). Bachelor thesis, S1 Perbankan Syariah IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
awalan dll.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab i.pdf

Download (412kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab v.pdf

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text
dapus.pdf

Download (363kB) | Preview

Abstract

Seiring perkembangan dan pertumbuhan industri perbankan syariah, bank syariah bersaing ketat dengan bank konvensional untuk menarik minat masyarakat menggunakan bank syariah. Kegiatan pemasaran merupakan suatu kebutuhan utama dan suatu keharusan untuk meningkatkan jumlah market share perbankan syariah yang saat ini masih jauh dengan bank konvensional berdasarkan data yang tercatat oleh OJK. Dengan kecanggihan teknologi, bank syariah dapat melakukan melakukan strategi pemasaran melalui digital marketing instagram. Selain melakukan pemasaran, hal yang harus diperhatikan oleh bank syariah ialah menciptakan brand image yang positif, jika bank syariah memiliki brand image positif yang kuat akan dengan mudah mempengaruhi calon nasabah untuk menggunakan bank syariah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh digital marketing instagram dan brand image terhadap minat nasabah menggunakan bank syariah pada nasabah Bank Muamalat KCP Sumber. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Teknik pengumpulan data yang dilakukan ialah melalui penyebaran kuesioner, observasi, dan dokumentasi. Kemudian diuji analisis data dengan menggunakan uji instrumen penelitian, uji asumsi klasik, uji regresi linier berganda, dan uji hipotesis dengan bantuan aplikasi IBM SPSS versi 21. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, menunjukkan bahwa secara parsial terdapat pengaruh positif dan signifikan digital marketing instagram terhadap minat nasabah menggunakan bank syariah, kemudian variabel brand image juga berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap minat nasabah menggunakan bank syariah. Secara simultan pengaruh variabel digital marketing instagram dan brand image memberikan kontribusi sebesar 42,4% terhadap minat nasabah menggunakan bank syariah, dan sisanya sebesar 57,6% dapat dijelaskan oleh variabel lain di luar penelitian ini.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Digital Marketing Instagram, Brand Image, Bank Syariah
Subjects: T Technology > Information Technology
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 13 Feb 2023 02:04
Last Modified: 13 Feb 2023 02:04
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/9730

Actions (login required)

View Item View Item