ANALISIS DAYA SAING USAHA MIKRO DI DESA DUKUHJATI KEC. KRANGKENG KAB. INDRAMAYU

Siti Hajar, (2022) ANALISIS DAYA SAING USAHA MIKRO DI DESA DUKUHJATI KEC. KRANGKENG KAB. INDRAMAYU. Bachelor thesis, S1 Perbankan Syariah IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
awalan dll.pdf

Download (751kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab i.pdf

Download (359kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab v.pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text
dapus.pdf

Download (136kB) | Preview

Abstract

Daya saing usaha mikro merupakan sebuah kemampuan sebuah usaha untuk bisa menghasilkan faktor pendapatan dan faktor pendapatan yang relatif tinggi dan berkesinambungan untuk bisa menghadapi persaingan. Dalam meningkatkan daya saing sendiri memerlukan beberapa strategi dan faktor-faktor yang mempengaruhi daya saing. Faktor-faktor yang mempengaruhi daya saing yaitu lokasi, harga, pelayanan, kualitas produk, dan pemasaran produk. Adapun untuk strategi bersaing agar memiliki keunggulan bersaing yaitu ada tiga strategi: yang pertana strategi biaya rendah (Cost Leadership), Strategi Diferensiasi, dan yang terakhir strategi fokus. Kemudian ada strategi alternatif agar usaha mikro memiliki keunggulan bersaing dengan menggunakan analisis SWOT dalam menganalisisnya. Penelitiaan ini ditunjukan untuk menganalisis bagaimana faktor�faktor yang mempengaruhi daya saing pada usaha mikro di Desa Dukuhjati, kemudian dengan strategi yang digunakan apakah bisa meningkatkan keunggulan bersaing dari Usaha tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian survey dengan pendekatan kualitatif, untuk sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Kemudian untuk teknik pengumpulan data yaitu dengan observasi, wawancara, dan kemudian di analisis menggunakan analisis SWOT. Adapun untuk wawancara peneliti mewawancarai lima usaha mikro yaitu usaha mikro Hanisa FD, usaha mikro Annamalik Hijab, usaha mikro Fia Fashion, usaha mikro bakso Ikan, dan usaha mikro Waroeng Minuman. Adapun untuk hasil penelitiaan yaitu dari kelima faktor yang mempengaruhi daya saing faktor pemasaran yang masih kurang berpengaruh, kemudian untuk faktor lokasi, harga, pelayanan, dan kualitas sangat berpengaruh terhadap daya saing. Selanjutnya dari strategi yang digunakan yaitu cost leadership dan differensiasi mampu meningkatkan daya saing usaha mikro tersebut dan dari hasil analisis SWOT mengenai kekuatan dan kelemahan yang dimiliki usaha mikro kemudian peluang dan ancaman yang akan dihadapi oleh usaha mikro bisa dihasilkan empat strategi untuk meningkatkan keunggulan bersaing usaha mikro tersebut.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Daya saing, usaha mikro, strategi daya saing
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 13 Feb 2023 07:32
Last Modified: 13 Feb 2023 07:32
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/9743

Actions (login required)

View Item View Item