Tri Ayu Damayanti, (2023) KOMUNIKASI ORGANISASI KEPALA SEKOLAH DAN GURU DALAM MENINGKATKAN CITRA SEKOLAH SMPN 1 DUKUPUNTANG KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, IAIN SYEKH NURJATI. S1 KPI.
|
Text
AWALAN DLL.pdf Download (977kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (540kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (268kB) | Preview |
|
|
Text
DAPUS.pdf Download (288kB) | Preview |
Abstract
Skripsi ini membahas mengenai komunikasi organisasi yang dilakukan antara kepala sekolah dan guru dalam meningkatkan citra sekolah SMPN 1 Dukupuntang Kabupaten Cirebon. Penelitian ini dilatar belakangi program sekolah berjalan lancar apabila mendapatkan dukungan masyarakat. Sekolah perlu memberikan banyak informasi untuk masyarakat mengenai program-program dan issue yang dihadapi, agar masyarakat memahami dan mengetahui masalah yang dihadapi sekolah. Rumusan masalah penelitian ini adalah (1) Bagaimana proses komunikasi organisasi kepala sekolah dan guru untuk meningkatkan citra sekolah?, (2) Bagaimana kendala komunikasi organisasi kepala sekolah dan guru untuk meningkatkan citra sekolah?, (3) Bagaimana peran kepala sekolah dan guru dalam mengatasi kendala untuk meningkatkan citra sekolah?, (4) Bagaimana kebermanfaatan kordinasi kepala sekolah dan guru dalam mempertahankan citra sekolah? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komunikasi organisasi kepala sekolah dan guru untuk meningkatkan citra sekolah, kendala komunikasi organisasi yang dialami dan peran yang dilakukan kepala sekolah dan guru dalam mengatasi kendala tersebut, serta evaluasi kepala sekolah dan guru dalam meningkatkan citra sekolah SMPN 1 Dukupuntang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, dengan pendekatan deskriptif-naratif. Metode yang digunakan untuk pengambilan data yaitu dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu komunikasi organisasi yang dilakukan oleh kepala sekolah dan guru untuk meningkatkan citra sekolah, yaitu melakukan komunikasi rutin dengan para guru-guru, hal yang dibicarakan yaitu berkaitan dengan kesadaran tugas-tugas guru dan membuat tim penjaminan mutu pendidikan sekolah. Kendala dan hambatan komunikasi yang dirasakan yaitu keterbatasan pengetahuan dan wawasan yang dimiliki beberapa guru, memilki pola fikir yang berbeda sehingga kadang terjadi miskomunikasi. Peran kepala sekolah dan guru dalam mengatasi kendala untuk meningkatkan citra sekolah yaitu dilakukan dengan diskusi, upaya yang dilakukan agar citra sekolah tetap stabil dengan cara mengembangkan fasilitas, meningkatkan kompetensi guru, mengembangkan kegiatan-kegiatan siswa. Evaluasi yang dilakukan kepala sekolah yaitu melakukan pertemuan rutin dengan orangtua, memperbaiki marketing sekolah, menggunakan media sosial lebih intens, meningkatkan pelayanan sekolah melalui buku komplain yang disediakan, memperbaiki sekolah baik dari dalam maupun dari luar.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | komunikasi organisasi, kepala sekolah, guru, citra sekolah |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | H. Tohirin S.Ag |
Date Deposited: | 21 Feb 2023 01:30 |
Last Modified: | 14 Mar 2023 07:01 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/9835 |
Actions (login required)
View Item |