Iis Aisyah, (2022) INTERNALISASI BUDAYA RELIGIUS DALAM MEMBENTUK AKHLAK KARIMAH PESERTA DIDIK (Studi Kasus pada SMA Negeri 1 Kersana Brebes). Masters thesis, S2 PAI IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
AWALAN DLL.pdf Download (944kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (422kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (133kB) | Preview |
|
|
Text
DAPUS.pdf Download (141kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh gencarnya pengaruh yang ditimbulkan oleh perkembangan teknologi dan informasi dengan dampak positif maupun negatifnya, membuat kita sebagai lembaga pendidikan memiliki pekerjaan rumah yang cukup besar yaitu menanamkan pendidikan akhlak dan moral pada generasi muda khususnya peserta didik. Dari kenyataan tersebut, maka pemilihan sekolah sebagai lembaga pendidikan yang menanamkan nilai- nilai religius terhadap peserta didik sangatlah penting, sehingga tertanam nilai- nilai akhlakul karimah yang mampu menangkis pengaruh- pengaruh negatif dari zaman globalisasi seperti sekarang ini. SMA Negeri 1 Kersana merupakan lembaga pendidikan yang menjadi role model bagi sekolah- sekolah lainnya di kabupaten Brebes dalam upaya membentuk akhlakul karimah peserta didiknya melalui internalisasi budaya religius. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan budaya religius yang diprogramkan SMA Negeri 1 Kersana dalam membentuk akhlak peserta didiknya, (2) untuk menganalisa proses internalisasi budaya religius di SMA Negeri 1 Kersana dalam membentuk akhlak peserta didiknya, (3) untuk menganalisa hasil internalisasi budaya religius di SMA Negeri 1 Kersana dalam membentuk akhlak peserta didiknya. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Teknik analisa data menggunakan teknik reduksi data (data reduction), penyajian data (data display) dan verivikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) bentuk budaya religius yang diinternalisasikan SMA Negeri 1 Kersana yaitu budaya Mujahadah, membaca Asmaul Husna, sholat Dhuha dan sholat Dzuhur berjamaah, baca tulis Al- Qur`an serta peringatan hari besar Islam, (2) proses internalisasi budaya religius di SMA Negeri 1 Kersana diawali dengan perencanaan, pelaksanaan serta evaluasi, (3) secara umum internalisasi budaya religius yang diupayakan SMA Negeri 1 Kersana dalam membentuk akhlakul karimah peserta didiknya dapat dikatakan berhasil, hal ini dapat diketahui dari perubahan akhlak peserta didik sebelum dan sesudah proses internalisasi budaya religius. Bahwa setelah peserta didik mengikuti proses internalisasi budaya religius di sekolah akhlak mereka menjadi semakin baik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Internalisasi, Budaya Religius, Akhlak Karimah |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Menengah dan Pendidikan Menengah Atas |
Divisions: | Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Islam > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | H. Tohirin S.Ag |
Date Deposited: | 21 Feb 2023 03:19 |
Last Modified: | 21 Feb 2023 03:19 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/9852 |
Actions (login required)
View Item |