Siti Khulasoh, (2022) PERENCANAAN PEMBELAJARAN PAI BERBASIS KECERDASAN MAJEMUK (PENGEMBANGAN KONSEPTUAL DI SMP PANGERAN DIPONEGORO BALAPULANG). Masters thesis, S2 PAI IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
cover - daftar isi1.pdf Download (680kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (963kB) | Preview |
|
|
Text
bab 5.pdf Download (192kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (246kB) | Preview |
Abstract
Membangun manusia Indonesia seutuhnya telah direduksi dalam bidang pendidikan . system pendidikan telah disetir kedalam ranah politik, digunakan sebagai kendaraan untuk membangun kehidupan social yang seragam dan mengabaikan keanekaragaman. Berbagai inovasi, kreativitas, divergensi berpikir, dan orisinalitas tidak terintegrasi dalam mengembangkan system pembelajaran. Kesulitan dalam menerapkan pembelajaran berdiferensi dan demokrasi menjadi bagian yang tak terpisahkan dalam setiap pelaksanaan pembelajaran. Identifikasi dan penggalian kecerdasan peserta didik masih sangat jarang dijadikan sandaran utama mengawali setiap rancangan, strategi dan pendekatan yang digunakan, serta system evaluasi yang diterapkan. Kecenderungan, minat, bakat, talenta, dan ketrampilan dasar belum menjadi bagian yang integral dengan pengembangan kurikulum dan pemilihan serta pembuatan media pembelajaran yang dapat mengakomodasi dan memfasilitasi terbangunnya suatu pola pembinaan yang mengedepankan tumbuh dan berkembangnya kecerdasan jamak. Inovasi dalam pembelajaran PAI harus terus dilakukan sesuai dengan tuntutan sosial dan perkembangan zaman, baik itu inovasi sistem, kualitas pendidik, ataupun strategi belajar mengajar. Pembelajaran PAI dengan Multiple Intellegences adalah satu bntuk upaya untuk mencapai tujuan pendidikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan cara triangulasi data dari hasil wawancara yang dibuktikan dengan observasi dan juga dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian RPP PAI Kurikulum 2013 di SMP Pangeran Diponegoro Balapulang maka hasil penelitian menunjukan bahwa kualitas komponen RPP PAI Kurikulum 2013 di SMP Pangeran Diponegoro Balapulang yang dibuat oleh guru PAI SMP Pangeran Diponegoro Balapulang sebagian besar sudah sesuai dengan RPP Kurikulum 2013. Adapun hasilnya sebagai berikut : Dari hasil penilaian diatas maka diperoleh hasil dengan akumulasi sebagai berikut : 14/20 x 100% = 70% . Di ketahui bahwa nilai yang diperoleh dari hasil akumulasi adalah 70% maka dapat disimpulkan bahwa RRP yang dirancang oleh guru PAI di SMP Pangeran Diponegoro Balapulang B (baik). diuraikan juga secara rinci mengenai tahapan-tahapan perencanakan pembelajaran PAI di SMP Pangeran Diponegoro Balapulang: Menyusun silabus, menyuysun RPP.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Menengah dan Pendidikan Menengah Atas |
Divisions: | Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Islam > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | H. Tohirin S.Ag |
Date Deposited: | 21 Feb 2023 03:29 |
Last Modified: | 21 Feb 2023 03:29 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/9853 |
Actions (login required)
View Item |