PENDIDIKAN AKHLAK PERSPEKTIF SYAIKH ABDUL QADIR AL-JAILANI (Studi Analisis Pemikiran Ibnu Miskawaih)

Muhammad Tarmidi, (2022) PENDIDIKAN AKHLAK PERSPEKTIF SYAIKH ABDUL QADIR AL-JAILANI (Studi Analisis Pemikiran Ibnu Miskawaih). Masters thesis, S2 PAI IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
COVER-DAFTAR ISI.pdf

Download (971kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (491kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (535kB) | Preview

Abstract

Pendidikan Akhlak menjadi perhatian serius masyarakat luas, ketika moralitas dipinggirkan dalam berperilaku dan bersikap di tengah masyarakat. Akibatnya di satu sisi, pendidikan yang telah dijalankan menjadikan manusia kian terdidik intelektualitasnya. Namun di sisi lain, pendidikan akhlak yang berjalan saat ini belum bisa mengantarkan manusia menjadi seutuhnyna (kamil). Maraknya aksi kekerasan, korupsi, pembalakan liar dan sederet gambaran dekadensi moralitas menggambarkan pentingnya untuk mendesain ulang sistem pendidikan yang berbasis kepada keluhuran akhlak, tata etika dan moralitas. Syaikh Abdul Qadir Al-Jailani, Beliau seorang tokoh yang amat populer dalam kehidupan keagamaan masyarakat Islam Indonesia. Di antara akhlak beliau yang sangat mulia dan agung adalah selalu berada di samping orang-orang kecil dan para hamba sahaya untuk mengayomi mereka. Beliau senantiasa bergaul dengan orang-orang miskin sembari membantu membersihkan pakaian mereka. Beliau sama sekali tidak pernah mendekati para pembesar atau para pembantu Negara, juga tidak pernah mendekati pintu rumah-rumah seorang menteri atau raja untuk mengharapkan materi. Tujuan dari penelitian ini, mendeskripsikan dan menganalisis capaian penting, materi yang menjadi prioritas, metode yang efektif dalam Pendidikan Akhlak menurut Syaikh Abdul Qodir Al-Jailani. Kemudian mendeskripsikan dan menganalisis tentang akhlak pendidik dan peserta didik yang ideal menurut pandangan beliau. Sehingga dari tujuan tersebut harapan Peneliti dapat memperbaiki nilai akhlak di era digital ini. Adapun kitab yang ditulis oleh Syaikh Abdul Qadir Al-Jailani yang berkaitan dengan Pendidikan akhlak diantaranya; Fathu al-Rabbani wa al- Faidh al-Rahmani, al-Gunyah li Thalibi al-Tariq al-Haq ‘Azza wa Jalla, Futuh al-Gaib, Sirr al-Asrar Fi Ma Yahtaju Ilaihi al-Abrar, Jala’ al-Khatir fi al-Batin wa al-Zhahir dan Tafsir Al-Jailani. Dari kitab yang telah disebutkan di atas, sebagai sumber data primer dalam penelitian ini. Penelitian ini berjenis penelitian kualitatif dengan pendekatan kajian pustaka. Kemudian data yang telah tersedia, dianalisis dengan analisis konten berlandaskan pemikiran Ibnu Miskawaih. Peneliti menemukan dan berpendapat dari hasil penelitian dengan menggunakan pisau analisis pemikiran Ibnu Miskawaih, bahwa konsep pendidikan akhlak perspektif Syaikh Abdul Qadir meliputi: dasar, tujuan, materi, metode pendidikan akhlak serta kualifikasi dari pendidik dan peserta didik dapat diterapkan dan menjadi salah satu solusi untuk meningkatkan nilai akhlak seseorang.

[error in script]
Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan, Akhlak, Ibnu Miskawaih dan Syaikh Abdul Qadir Al-Jailani
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 21 Feb 2023 06:04
Last Modified: 21 Feb 2023 06:04
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/9864

Actions (login required)

View Item View Item