Abdul Basit, (2022) STRATEGI PEMBELAJARAN AL QUR’AN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS BACAAN SANTRI DI PONDOK PESANTREN SALSABILA MAN 2 KUNINGAN (Studi Perspektif Metode Qiroati). Masters thesis, S2 PAI IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
AWALAN DLL.pdf Download (8MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (335kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (170kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (237kB) | Preview |
Abstract
Strategi Pembelajaran, Kualitas Bacaan Al-Qur’an, Pondok Pesantren Salsabila Pembelajaran adalah upaya untuk membelajarkan siswa. Agar pembelajaran lebih efektif dan efisien serta mengarah kepada tujuan yang ingin dicapai, perlu adanya strategi pembelajaran yang disusun oleh guru. Strategi pembelajaran dapat di artikan sebagai taktik atau garis-garis besar haluan yang digunakan guru dalam proses belajar mengajar agar dapat mempengaruhi Santri sehingga tercapai sasaran dan tujuan pembelajaran. Strategi tersebut harus terdiri dari langkah-langkah yang tersusun secara terencana dan sistematis dengan menggunakan metode dan teknik tertentu. Penggunaan strategi dalam pembelajaran dimaksudkan agar pelajaran itu dapat ditangkap, dipahami dan digunakan oleh siswa dengan baik, karena dengan cara seperti itulah akan dicapai hasil yang maksimal dalam pembelajaran. Persoalaannya adalah apakah lembaga pendidikan telah menarapkan strategi dalam pembelajaran? Dan yang menjadi fokus dalam penelitian adalah: (1) Bagaimana strategi pembelajaran Al-Qur’an di Pondok Pesantren Salsabila MAN 2 Kuningan?; (2) Bagaimana kualitas bacaan Al-Qur’an santri Pondok Pesantren Salsabila MAN 2 Kuningan?; (3) Apa faktor pendukung dan penghambat dalam pembelajaran Al-Qur’an di Pondok Pesantren Salsabila MAN 2 Kuningan? Jenis penelitian yang digunakan oleh penulis adalah jenis penelitian kualitatif. Dalam perjalanan mengumpulkan data, peneliti menggunakan metode dokumentasi, observasi dan interview. Analisisnya, peneliti menggunakan tehnik analisis deskriptif kualitatif, yaitu mendeskripsikan dan menginterpretasi data-data yang telah didapat, sehingga akan menggambarkan realitas yang sebenarnya sesuai dengan yang terjadi di lapangan. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pembelajaran Al-Qur’an dalam meningkatkan kualitas bacaan Al-Qur’an santri di Pondok Pesantren Salsabila MAN 2 Kuningan menunjukkan dil aksanakan dengan baik, karena di dukung oleh beberapa faktor pendukung, terlebih lagi oleh figur pengasuh Pondok Pesantren Salsabila MAN 2 Kuningan yang ahli dalam bidang pembelajaran al-Qur’an, program pendidikan yang sudah diterapkan sejak pesantren ini di dirikan, guru yang berpengalaman dan semangat santri untuk belajar serta lingkungan yang kondusif. Faktor penghambat dalam pembelajaran Al-Qur’an di Pondok Pesantren Salsabila MAN 2 Kuningan adalah masa belajar santri yang relatif pendek, dan kurangnya pengembangan kurikulum serta minimnya dana oprasional, oleh sebab itu kualitas bacaan Al-Qur’an santri Pondok Pesantren Salsabila MAN 2 Kuningan bervariatif.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Pembelajaran, kualitas bacaan Al-Qur’an |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Menengah dan Pendidikan Menengah Atas |
Divisions: | Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Islam > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | H. Tohirin S.Ag |
Date Deposited: | 21 Feb 2023 06:08 |
Last Modified: | 21 Feb 2023 06:09 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/9865 |
Actions (login required)
View Item |