TINGKAT STRES IBU DALAM MENDAMPINGI ANAK SAAT PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI PERUMAHAN TELAGA PESONA CIKARANG BARAT

Hilwa Az Zahra, (2023) TINGKAT STRES IBU DALAM MENDAMPINGI ANAK SAAT PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI PERUMAHAN TELAGA PESONA CIKARANG BARAT. Bachelor thesis, IAIN SYEKH NURJATI. S1 BKI.

[img]
Preview
Text
AWALAN DLL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (277kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAPUS.pdf

Download (304kB) | Preview

Abstract

Pandemi Covid-19 ini memiliki dampak besar pada berbagai sektor kehidupan di dunia, salah satunya di sektor pendidikan. Pada masa pandemi ini pemerintah mengeluarkan kebijakan dengan mengganti aktivitas pembelajaran yang dilakukan melalui tatap muka menjadi belajar di rumah masing-masing dengan metode jarak jauh. Selama masa pandemi Covid-19 stres merupakan emosi negatif yang sering dialami oleh ibu, stres yang dialami oleh ibu ini dikarenakan dipengaruhi oleh ketidakmampuan orang tua dalam mendampingi ataupun membimbing selama pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat stres yang dialami oleh ibu saat mendampingi anak selama pembelajaran jarak jauh pada masa pandemi Covid-19 di Perumahan Telaga Pesona Cikarang Barat, dengan objek penelitiannya yaitu para ibu yang bertempat tinggal di Perumahan Telaga Pesona. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah ibu yang mendampingi anak selama pembelajaran jarak jauh. Jumlah sample yang digunakan yaitu sebanyak 42 responden. Pengambilan sample dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner Depression Anxiety Stres Scale (DASS-42). Kuesioner diberikan dan di isi oleh responden secara door to door atau datang langsung ke rumah responden. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa tingkat stres ibu sebelum melakukan pendampingan pembelajaran jarak jauh dari total N 42 yang mengalami stres normal sebanyak 100%, dan tingkat stres ibu selama melakukan pendampingan pembelajaran jarak jauh tterdapat 71,4 % ibu yang mengalami stres normal, terdapat 14,3 % ibu yang mengalami stres ringan, 9,5 % ibu yang mengalami stres sedang, 4,8 % ibu yang mengalami stres berat, dan tidak ada ibu yang mengalami stres sangat berat. Sedangkan tingkat stres ibu setelah melakukan pendampingan pembelajaran jarak jauh yaitu berada pada kategori tingkat stres normal dengan frekuensi 100%.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Tingkat stres, Ibu, Pembelajaran Jarak Jauh
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 23 Feb 2023 06:47
Last Modified: 14 Mar 2023 06:44
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/9939

Actions (login required)

View Item View Item