PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU MTS SALAFTYAH BODE PADA MASA COVID-19

Mulya, (2022) PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU MTS SALAFTYAH BODE PADA MASA COVID-19. Masters thesis, S2 MPI IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
01. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (8MB) | Preview
[img]
Preview
Text
02. BAB I.pdf

Download (363kB) | Preview
[img]
Preview
Text
06. BAB V.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text
07. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (245kB) | Preview

Abstract

Kondisi pandemi Covid-I9 berdampak pada semua bidang khususnya pendidikan, akibatnya proses kegiatan belajar mengajar harus di.jalankan secara daring. Namun, dalam proses pembelajaran daring muncul berbagai masalah dan hambatan yang berasal dari sumberdaya manusia tcrutama guru yang belum memiliki kesiapan perubahan model pembelajaran daring yang berdampak pada menurunnya kinerja guru. Dimana kinerja grrnr banyak dipengaruhi oleh faktor internal dan faktor eksternal, seperti: kepemimpinan kepala madrasah dan motivasi kerja yang merupakan faktor penting dalam pencapaian tujuan pembelajaran secara maksimal, terutama pada madrasah yang memiliki tanggungiawab lebih dalam menghasilkan lulusan yang memiliki akhlakul karimah. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh kepemimpinan Kepala Madrasah dan motivasi kerja terhadap kinerja guru MTs Salafiyah Bode pada masa pandemi Covid-l9. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan proses penelitian bersifat deduktif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru MTs Salafiyah Bode yang berjumlah 37 guru.Teknik sampling dalam penelitian ini menggunakan sampling jenuh, sehingga sarnpel dalam penelitian ini adalah seluruh guru MTs Sala{iyah Bode yang berjumlah 37 guru. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi dan angket (kuesioner). Uji instrumen dalam penelitian ini menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data mengunakan statistik deskriptil uji asumsi klasik : uji normalias, uji multikolineritasa, uji autokorelasi, uji hetroskedastisitas, analisis regresi linear berganda, uji t, uji F, dan koefesien determinasi (R'). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: I) Kepemimpinan kepala madrasah berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kinerja guruMTs Salafiyah Bode pada masa pandemi Covid-19,2) Motivasi kerja berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kinerja guru MTs Salafiyah Bode pada masa pandemi Covid-l9, dan 3) Kepemimpinan kepala madrasah dan motivasi kerja secara bersama-sama berpengaruh terhadap kinerja guru MTs Salafiyah Bode pada masa pandemi Covid-I9 dengan besarnya kontribusi pengaruh sebesar 66,7% yang berarti bahwa kepemimpinan kepala rnadrasah dan motivasi kerja mampu menjelaskan variasi kinerja guru MTs Salafiyah Bode pada masa pandemi Covid-l9 sebesar 66,7% dan sisanya sebesar 33,3% dipengaruhi oleh variabel lain di luar model penelitian ini.

[error in script]
Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan, motivasi kerja, kinerja, covid-19
Divisions: Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 24 Feb 2023 03:25
Last Modified: 24 Feb 2023 03:25
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/9966

Actions (login required)

View Item View Item