KEMAMPUAN MANAJERIAL GURU PADA KUALITAS BELAJAR SISWA KELAS IX UNTUK MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MTsN 8 CIREBON

Muhayah, (2022) KEMAMPUAN MANAJERIAL GURU PADA KUALITAS BELAJAR SISWA KELAS IX UNTUK MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MTsN 8 CIREBON. Masters thesis, S2 MPI IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
1. COVER - DAFTAR ISI.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. BAB I.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB V.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (118kB) | Preview

Abstract

Guru merupakan komponen yang paling menentukan dalam sistem pendidikan secara keseluruhan, maka sudah seharusnya jika guru memiliki empat kompetensi diantaranya kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial dan profesional serta memiliki kemampuan manajerial dengan baik. Indikator baik tersebut ditunjukkan dengan guru mempunyai kemampuan manajerial, baik dalam tugas pengajaran dan penguasaan kelas sehingga peserta didik dapat belajar yang berkualitas selama proses pembelajaran. Namun hasilnya siswa dalam kegiatan proses pembelajaran tidak sesuai dengan harapan pada tujuan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan: 1) Kemampuan manajerial guru pada kualitas belajar siswa kelas IX, 2) Kualitas belajar siswa kelas IX, 3) Faktor pendukung dan penghamabat kemampuan manajerial guru pada kualitas belajar siswa kelas IX untuk meningkatkan mutu pendidikan di MTsN 8 Cirebon. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan metode deskriptif. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data penelitian yaitu observasi atau pengamatan, wawancara dan studi dokumentasi. Analisis data dalam penelitian kualitatif dengan melakukan merangkum data, display data dan verifikasi data. Kegunaan penelitian ini secara teoritis untuk menambah wawasan keilmuaan, terutama yang terkait dengan kemampuan manajerial guru pada kualitas belajar siswa dan kegunaan secara praktis dapat memberikan sumbangsih terhadap peningkatan manjerial guru dalam meningkatkan kualitas belajar siswa kelas IX di MTsN 8 Cirebon. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Kemampuan manajerial guru pada kualitas belajar siswa kelas IX meliputi: perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi sudah dilakukan namun belum secara maksimal karena dalam proses pembelajaran mengalami hambatan, 2) Kualitas belajar siswa kelas IX sudah mempunyai perencanaan dan persiapan belajar namun di sela-sela waktu ada hal-hal yang membuat semangat belajar menurun, 3) Faktor pendukung berupa guru sudah memahami manajemen, siswa memahami aspek manajemen, penguasaan dan antusiasme guru terhadap mata pelajaran, kemampuan guru dalam mengelola kelas, sikap profesional guru dan latar belakang pendidikan serta pengalaman mengajar, sedangkan faktor penghambatnya berupa guru sudah terbiasa metode ceramah, banyaknya tugas guru dan ada keperluan lain, siswa sudah terbiasa datang, duduk dan dengar serta kurangnya memanfaatkan sarana prasarana yang ada.

[error in script]
Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Manajerial Guru, kualitas belajar siswa, mutu pendidikan
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Menengah dan Pendidikan Menengah Atas
Divisions: Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 24 Feb 2023 03:30
Last Modified: 24 Feb 2023 03:30
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/9967

Actions (login required)

View Item View Item