STRATEGI MANAJEMEN PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU DALAM MENINGKATKAN MUTU LULUSAN DI SMK PONPES MANBAUL ULUM CIREBON

Robaetal A'la, (2022) STRATEGI MANAJEMEN PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU DALAM MENINGKATKAN MUTU LULUSAN DI SMK PONPES MANBAUL ULUM CIREBON. Masters thesis, S2 MPI IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
01 Cover.pdf

Download (10MB) | Preview
[img]
Preview
Text
02 BAB I.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
06 BAB V.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
07 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Fenomena menarik terjadi dalam penyelenggaran pendidikan, terutama penerimaan peserta didik baru. Animo masyarakat yang tinggi menyekolahkan anaknya di SMK dibarengi dengan meningkatkanya angka pengangguran didominasi lulusan SMK. Penelitian di SMK Ponpes Manbaul Ulum Cirebon yang memiliki jumlah siswa cukup banyak dan sebagai rintisan SMK Pusat Keunggulan yang memiliki tujuan meningkatkan mutu lulusan sesuai dengan kebutuhan DUDI. Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) Mendeskripsikan mengenai implementasi peningkatan mutu lulusan di SMK Ponpes Manba’ul ‘Ulum Cirebon, (2) Menganalisis mengenai strategi manajemen penerimaan peserta diidk baru dalam meningkatkan mutu lulusan di SMK Ponpes Manba’ul Ulum Cirebon, (3) Menganalisis faktor pendukung dan penghambat peningkatan manajemen peserta didik baru di SMK Ponpes Manba’ul ‘Ulum Cirebon. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Subjek penelitian ini yaitu kepala sekolah,tenaga pendidik dan kependidikan, wali murid dan siswa. Hasil penelitian didapatkan bahwa secara umum strategi manajemen penerimaan peserta didik baru dalam meningkatkan mutu lulusan di SMK Ponpes Manbaul Ulum Cirebon berjalan sesuai dengan rencana. Namun ada beberapa hal yang harus diperbaiki. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa : (1)Implementasi Peningkatan mutu di SMK Ponpes Manbul Ulum melalui beberapa stategi ; Pertama, melalui peningkatan kapasitas Kepala sekolah, Kedua, peningkatan Kompetensi dan Profesionalisme Guru dengan cara melanjutkan studi dan mengikuti pelatihan, seminar, workshop, diskusi dan lain-lain, Ketiga, Meningkatkan lulusan yang berkwalitas serta siap terjun di dunia kerja, Keempat, penerapan yang sesuai dengan kurikulum dan pengembangannya sesuai dengan ketentuannya. (2) Strategi Manajemen Penerimaan peserta didik dalam meningkatkan mutu lulusan lembaga pendidikan di SMK Ponpes Manbul Ulum Cirebon, telah berjalan dengan baik. Output rekrutmen peserta didik di SMK Ponpes Manbul Ulum Cirebon dilihat dari nilai pengetahuan dan keterampilan rata-rata siswa di atas angka 75, penilaian sikap yang dinilai yaitu karakter kreatif, bernalar kritis, mandiri, nasionalis, gotong royong, disiplin, jujur, peduli lingkungan, percaya diri, gemar membaca, lulusan yang bekerja sekitar 85% bekerja di Perusahaan, 12% bekerja wiraswasta dan sekitar 3% melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi, standar mutu SMK meliputi nilai rapor mutu 70, 03, nilai akreditasi SMK yaitu A.

[error in script]
Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Strategi Manajemen, Peserta Didik Baru Mutu Lulusan
Divisions: Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 27 Feb 2023 01:36
Last Modified: 27 Feb 2023 01:36
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/9975

Actions (login required)

View Item View Item