POLA KEPEMIMPINAN TRANSFORMATIF KH. JA’FAR SHODIQ DALAM UPAYA MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI PONDOK PESANTREN KHAS KEMPEK CIREBON

Sana, (2022) POLA KEPEMIMPINAN TRANSFORMATIF KH. JA’FAR SHODIQ DALAM UPAYA MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI PONDOK PESANTREN KHAS KEMPEK CIREBON. Masters thesis, S2 MPI IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
1 COVER.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (320kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (524kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (683kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketertarikan peneliti terhadap kepemimpinan transformatif KH. Ja’far Shodiq dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan di Pondok pesantren KHAS Kempek Cirebon. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pemikiran KH. Ja’far Shodiq. Selain itu, peneliiti juga ingin mengeksplorasi upaya KH. Ja’far Shodiq dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan mendeskripsikan implementasi pola kepemimpinan transformatif KH. Ja’far Shodiq. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang dilaksanakan di Pondok Pesantren KHAS Kempek Cirebon. Teknik pengambilan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik deskriptif analitik dengan cara mengumpulkan semua data observasi di lapanggan, wawancara, dokumen resmi/tidak resmi, dan foto/gambar hasil penelitian. Data tersebut kemudian ditranskrip, dipelajari, ditelaah, dianalisa, dan disimpulkan dalam bentuk deskripsi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) KH. Ja’far Shodiq memiliki pemikiran-pemikiran dalam mengelola Pondok pesantren KHAS Kempek melalui sikap dan karakternya yang berwibawa dan memiliki karisma. KH. Ja’far Shodiq juga dikenal sebagai seorang yang pluralis, tidak menang sendiri, dan selalu semangat dalam menjalankann aktivitasnya. (2) Upaya yang dilakukan oleh KH. Ja’far Shodiq untuk meningkatkan kualitas pendidikan dengan melakukan perubahan pada sistem pendidikan pondok pesantren yaitu dengan kurikulum terarah dan modern, melakukan inovasi dalam mengembangkan pendidikan pondok pesantren dengan mendirikan sekolah formal, memberikan kesempatan kepada para santri untuk belajar dalam bidang vokasi. (3) Model kepemimpinan transformatif KH. Ja’far Shodiq dapat diimplementasikan dalam empat dimensi yaitu: Idealized Influence (menjadi teladan), Intellectual Stimulation (memberikan gagasan), Individual Consideration (memberikan perhatian khusus ), Inspirational Motivation (mampu menggugah spirit).

[error in script]
Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: KH. Ja’far Shodiq, Pondok Pesantren, Kepemimpinan Transformatif
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 27 Feb 2023 01:51
Last Modified: 27 Feb 2023 01:51
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/9977

Actions (login required)

View Item View Item