Muhamad Yasin, (2022) IMPLEMENTASI STRATEGI BAURAN PEMASARAN JASA PENDIDIKAN DI SDIT SABILUL HUDA KOTA CIREBON. Masters thesis, S2 MPI IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
1 COVER.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini membahas tentang strategi bauran pemasaran jasa pendidikan di SDIT Sabilul Huda Kota Cirebon. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi bauran pemasaran jasa pendidikan di SDIT Sabilul Huda Kota Cirebon, kendala, dan implikasi dari penerapannya. Metode penelitian ini menggunkan pendekatan deskriptif kualitatif, sedangkan pengumpulan datanya dilaksanakan dengan teknik, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi pemasaran jasa pendidikan yang di SDIT Sabilul Huda Kota Cirebon dalam penerimaan peserta didik baru menggunkan 7P yaitu, Product (Produk), Price (Harga), Place (Tempat), Promotion (Promosi), People (Orang), Proof (Bukti Fisik), dan Process (Proses). Produk yang dipasarkan pembelajaran Al-Quran dan tahfizh dengan metode ummi, pembiasaan ibadah, bina pribadi islam, adiwiyata, dan ekstrakulikuler. Haraga yang diberikan untuk peserta didik yang berasal dari TKIT Sabilul Huda Kota Cirebon ada potongan uang gedung, untuk anak guru dan karyawan gratis SPP selama 6 tahun. Lokasinya stategis, sedangkan segi pemasarannya sebar brosur, kerjasama dengan komite sekolah, dan memanfaatkan media sosial sekolah, seperti facebook, instragram, dan website. Ada pembinaan sumber daya manusianya, yaitu ada evaluasi bulanan dan pembinaan pekanan. Sarana Prasarananya mencukupi sehingga peserta nyaman belajar di sekolah. Proses pembelajaran dilakukan secara modern mengikuti perkembangan teknologi. Kurikulum ynag diterapkan, yaitu gabungan antara kurikulum nasional dan kurikulum jaringan sekolah islam terpadu. Penghambat pemasaran yang terjadi di SDIT Sabilul Huda Kota Cirebon, yaitu terjadinya kemacetan karena lahan parkir yang kurang mencukupi, persaingan yang ketat antar lemabaga pendidikan, kerja tim, dan hubungan masyarakat. Implikasi terhadap SDIT Sabilul Huda Kota Cirebon, adanya daya saing semakin ketat, reputasi sekolah yang harus dipertahankan, dan jejaring yang harus dijaga hubungannya, serta peserta didik semakin bertambah dari sebelumnya. Adapun respon dari masyarakat sangat baik dengan adanya sekolah tersebut.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Pemasaran, Bauran Pemasaran, Jasa Pendidikan |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Divisions: | Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | H. Tohirin S.Ag |
Date Deposited: | 27 Feb 2023 01:58 |
Last Modified: | 27 Feb 2023 01:58 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/9978 |
Actions (login required)
View Item |