STRATEGI MANAJEMEN PEMBELAJARAN BUDAYA PESANTREN DALAM MEMBENTUK KARAKTER MANDIRI SANTRI DI PONDOK PESANTREN PERSIS 274 KECAMATAN GUNUNG JATI

Hamid Mustikamal Ludin, (2022) STRATEGI MANAJEMEN PEMBELAJARAN BUDAYA PESANTREN DALAM MEMBENTUK KARAKTER MANDIRI SANTRI DI PONDOK PESANTREN PERSIS 274 KECAMATAN GUNUNG JATI. Masters thesis, S2 MPI IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (687kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab V-11.pdf

Download (323kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (428kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara mendalam strategi manajemen pembelajaran budaya pesantren dalam membentuk karakter mandiri santri di pondok pesantren persis 274 kecamatan gunung jati, mulai dari keterpaduan sistem, perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan dan evaluasi program. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan wawancara. Analisis data menggunakan model interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dengan ketekunan pengamatan dan triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi manajemen pembelajaran budaya pesantren dalam membentuk karakter mandiri santri di Pondok Pesantren Persis 274 dilakukan dengan: (1) Perencanaan program pembentukan sikap kemandirian santri dilakukan beberapa perencanaan, yaitu perencanaan kurikulum, bahan ajar, personalia, sarana dan prasarana, serta perencanaan program pembentukan sikap kemandirian santri. (2) Pengorganisasian program dengan beberapa tahap di antaranya penunjukan guru yang bertanggung jawab dalam beberapa bidang. (3) Pelaksanaan program dilaksanakan dengan beberapa tahap di antaranya melaksanakan kegiatan belajar mengajar, keorganisasian, kegiatan wajib rutin pondok pesantren, kegiatan individu santri sehari-hari, aktivitas penunjang, dan tata tertib kedisiplinan pondok. (4) Pengawasan program yang dilakukan oleh manajer, dewan asatidz, dan stakesholder sekolah. Evaluasi menilai hasil yang dicapai para pelajar, menilai kurikulum, memberikan kepercayaan kepada sekolah,. (5) Sistem pendidikan yang terpadu dan terencana yang bertujuan melahirkan pribadi-pribadi muslim yang mandiri.(6) Upaya yang dilakukan tenaga pendidik yaitu pendekatan personal, pembiasaan yang baik, penerapan kedisiplinan, keteladanan, penanaman kesadaran pada diri santri, pendidikan yang mengutamakan Akhlaqul’karimah.

[error in script]
Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Strategi Manajemen, Sistem Pendidikan, Pembiasaan yang baik
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 27 Feb 2023 02:03
Last Modified: 27 Feb 2023 02:03
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/9979

Actions (login required)

View Item View Item