Leli Sobali, (2022) EVALUASI KURIKULUM TERINTEGRASI ANTARA PONDOK PESANTREN DAN MADRASAH (STUDY KASUS DI KULLIYATUL MU’ALLIMIN AL MUTAWALLY KUNINGAN JAWA BARAT). Masters thesis, S2 MPI IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
AWALAN DLL.pdf Download (952kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (343kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (255kB) | Preview |
|
|
Text
DAPUS.pdf Download (322kB) | Preview |
Abstract
Evaluasi dan Kurikulum merupakan dua disiplin yang memiliki hubungan sebab akibat. Hubungan antara evaluasi dan kurikulum bersifat organis, dan prosesnya secara evolusioner. Evaluasi merupakan kegiatan yang luas, kompleks dan terus menerus, untuk mengetahui proses dan hasil pelaksanaan sistem pendidikan dalam mencapai tujuan yang ditentukan. Evaluasi kurikulum memegang peran penting baik dalam penentuan kebijakan pendidikan pada umumnya, maupun dalam pengambilan keputusan dalam kurikulum. Penelitian ini mengkaji evaluasi kurikulum integrasi di pesantren Kuliyatul Mu‟allimin Al-Mutawally Kuningan Jawa Barat. Penelitian ini bertujuan untuk membahas konsep kurikulum integrasi, implementasi kurikulum integrasi dan hasil dari evaluasi kurikulum integrasi di pesantren.Metode penelitian dilakukan melalui pendekatan penelitian evaluatif dengan model CIPP dikembangkan oleh Stufflebeam. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konsep kurikulum integrasi di pesantren Al-Mutawally menggunakan sistem terpadu/integrasi antara sistem modern dan sistem salafi. Kemudian dalam mengimpelementasikan kurikulum integrasi ini di Al-Mutawally memiliki 3 bentuk: pertama, ngaji (pendidikan agama) yaitu belajar membaca teks-teks Arab, terutama Alqur‟an dan kitab-kitab klasik (kitab kuning). Kedua, pengalaman dan pendidikan moral. Pengalaman hidup yang diajarkan di pesantren dan penghayatan nilai-nilai moral, termasuk diantaranya kesederhanaan, persaudaraan Islam, keikhlasan dan nilai kemanusiaan. Ketiga, madrasah atau pendidikan umum. Dan terakhir evaluasi kurikulum integrasi di Al-Mutawally terbagi kedalam 4 komponen yaitu komponen konteks( landasan kurikulum, kebutuhan masyarakat dan keleyakan lembaga penyelenggara), komponen input (rekrutmen santri, keadaan ustadz dan penilaian fasilitas belajar), komponen proses(pelaksanaan pembelajaran dan adanya jam tambahan diluar jam yang telah ditentukan) dan terakhir komponen hasil (Hasil PAS dan PAT, prestasi yang dicapai dan Tanggapan masyarakat).
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | evaluasi kurikulum, kurikulum integrasi, pesantren salaf, pesantren modern |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Kurikulum |
Divisions: | Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | H. Tohirin S.Ag |
Date Deposited: | 27 Feb 2023 02:46 |
Last Modified: | 27 Feb 2023 02:46 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/9988 |
Actions (login required)
View Item |