Aza Nur Fitriyani Prihatin, (2023) Strategi Pengembangan Marketing Melalui Pemanfaatan Teknologi Dan Informasi Online Shop Fifau Hijab Cirebon Pada Masa Pandemi Covid-19 Perspektif Hukum Ekonomi Syariah. Bachelor thesis, S1 Hukum Ekonomi Syariah/Muamalah IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
1708202067_1_cover.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
1708202067_2_bab1.pdf Download (858kB) | Preview |
|
|
Text
1708202067_6_bab5.pdf Download (253kB) | Preview |
|
|
Text
1708202067_7_dafpus.pdf Download (533kB) | Preview |
Abstract
AZA NUR FITRIYANI PRIHATIN, NIM : 1708202067. “STRATEGI PENGEMBANGAN MARKETING MELALUI PEMANFAATAN TEKNOLOGI DAN INFORMASI ONLINE SHOP FIFAU HIJAB CIREBON PADA MASA PANDEMI COVID-19 PERSPEKTIF HUKUM EKONOMI SYARIAH”. Dalam Keseharian pada pokoknya manusia memiliki dua macam kebutuhan yaitu kebutuhan materil dan spiritual kebutuhan materil merupakan kebutuhan primer. Dalam keseharian manusia tidak akan terlepas dari kebutuhan barang sandang .Wanita Muslim di Indonesia saat ini sudah menyadari dalam kewajibannya untuk menutup aurat dengan menggunakan hijab. Dari barang sandang tersebut membuat sector ekonomi yang bergerak dalam bidang pemenuhan barang sandang sangat diminati oleh para pelaku ekonomi .Ekonomi kreatif didefinisikan sebagai wujud dari upaya mencari pembangunan yang berkelanjutan melalui kratifitas. Teknologi informasi memiliki sebuah peranan penting dalam proses marketing yaitu kekuatan untuk mengembangkan industri dan mentransformasikan bagaimana Pemanfaatan Teknologi dan bisnis dijalankan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi pengembangan marketing dalam pemanfaatan teknologi dan informasi , untuk mengetahui factor pendukung dan penghambat dalam pengembangan marketing melalui pemanfaatan teknologi informasi , dan untuk mengetahui pandangan hukum ekonomi syariah terhadap strategi pengembangan marketing melalui pemanfaatan teknologi informasi pada online shop fifau hijab Cirebon pada masa pandemi covid-19. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif ,yaitu prosedur penelitian yang menghasilkan sebuah data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati.Dalam hal ini peneliti melakukan wawancara langsung untuk mendapatkan data penelitian dengan Owner Fifau Hijab Cirebon di daerah Desa Astana Kecamatan Gunung Jati Kabupaten Cirebon Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa strategi pengembangan marketing fifau hijab Cirebon pada masa pandemic covid-19. dikembangkan melalui pemanfaatan Teknologi informasi seperti media social yaitu Facebook , WA , Shopee ,Instagram,dan Tiktok dan dengan menerapkan strategi sytem marketing mix yang bertujuan untuk mengembalikan kondisi profit serta menjadikan fifau hijab Cirebon menjadi bisnis online yang terarah .Faktor Kendala atau penghambat dari Fifau Hijab Cirebon ini salah satunya adalah Modal Usaha .Dalam Hukum Ekonomi Syariah Seorang pengusaha dalam pandangan Islam bukan sekedar mencari keuntungan, melainkan juga keberkahan yaitu kemantapan dari usaha itu dengan memperoleh keuntungan yang wajar dan diridhoi oleh Allah SWT. Ulama terkemuka Syaikh Al-Qardhawi mengatakan, diantara nilai transaksi yang terpenting dalam bisnis adalah al-amanah (kejujuran). Kata Kunci: Strategi , Marketing , Hukum Ekonomi Syariah
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Hukum Ekonomi Islam (Muamalah) |
Depositing User: | rosyidah rosyidah rosyidah |
Date Deposited: | 28 Feb 2023 02:08 |
Last Modified: | 28 Feb 2023 03:31 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/9991 |
Actions (login required)
View Item |