Perbedaan Penerapan Instrumen Test Berbantuan Platform Quizizz Dengan Google Form Untuk Mengukur Keterampilan Berpikir Kritis siswa Kelas X Konsep Materi Virus Di SMAN 1 DUKUPUNTANG

Ana Shofiana, (2021) Perbedaan Penerapan Instrumen Test Berbantuan Platform Quizizz Dengan Google Form Untuk Mengukur Keterampilan Berpikir Kritis siswa Kelas X Konsep Materi Virus Di SMAN 1 DUKUPUNTANG. Bachelor thesis, S1 Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
awalan dll.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab i.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab v.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
dapus.pdf

Download (908kB) | Preview

Abstract

Evaluasi merupakan kegiatan yang sangat penting yang dilakukan oleh siswa guna mengukur kemampuan siswa dalam memahami dan menguasai materi pada suatu mata pelajaran. Penerapan Instrumen Test Berbantuan Platform Quizizz Dengan Google Form adalah solusi yang ditawarkan peneliti untuk mengukur Keterampilan Berpikir Kritis pada Siswa. Penelitian ini dilakukan di SMAN 1 Dukupuntang dengan kelas X IPA dengan jumlah 30 siswa untuk masing-masing kelas. X IPA 3 sebagai kelas eksperimen atau kelompok yang menerapkan platfrom Quizizz dan X IPA 4 sebagai kelas kontrol atau kelompok yang menerapkan Google form. Dalam hal ini tes dari kedua kelas tersebut menunjukan nilai N-Gain untuk kelas eksperiman sebesar 0,40 yang termasuk kedalam kategori sedang. Sedangkan, untuk N-Gain kelas kontrol memiliki nilai sebesar 0,22 yang termasuk kedalam kategori rendah. Perbedaan peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol menunjukan hasil uji hipotesis umum secara menyeluruh menunjukkan bahwa nilai N-Gain memiliki angka sig. 0,017 < 0,05. Sehingga Ho ditolak dan Ha diterima atau terdapat perbedaan peningkatan yang signifikan. Apabila ditinjau dari pasca pembelajaran yang sudah dilakukan pada kelas eksperimen memiliki peningkatan yang sedikit tinggi daripada kelas kontrol. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi contoh bagi guru dan calon guru untuk dapat terus melakukan pembaharuan sesuai dengan kebutuhan pendidikan, khususnya mempermudah dalam melaksanakan evaluasi pembelajaran

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 5. Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi
Depositing User: Eka Cahya Nugraha
Date Deposited: 26 Jul 2022 05:15
Last Modified: 26 Jul 2022 05:16
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/7347

Actions (login required)

View Item View Item