Analisis Learning Management System Melalui Penerapan Google Classroom Siswa Pada Pembelajaran Biologi Berdasarkan Gender Di Sekolah Menengah Atas

Thalita Reyhana Soleh, (2021) Analisis Learning Management System Melalui Penerapan Google Classroom Siswa Pada Pembelajaran Biologi Berdasarkan Gender Di Sekolah Menengah Atas. Bachelor thesis, S1 Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
AWALAN DLL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAPUS.pdf

Download (296kB) | Preview

Abstract

Masa pandemi corona virus disease (Covid-19). Peralihan model pembelajaran dari konvensional mengarah pembelajaran daring tidak semudah yang dibayangkan. Kesiapan belajar baik dari guru sampai peserta didik butuh dipertanyakan. Pembelajaran daring menghubungkan partisipan didik dengan sumber pembelajarannya yang secara raga terpisah ataupun berjauhan namun masih bisa berbicara, berhubungan serta bekerjasama secara langsung. Pengelolaan serta penerapan pembelajaran secara daring bisa dicoba memakai sesuatu paket perangkat lunak yang dinamakan Learning Management System (LMS). Dengan melalui pembelajaran online, maka akan memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menguasai tugas yang diperlukan dengan menggunakan strategi yang tepat seperti Self Regulated Learning (SLR). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Prosedur yang dilakukan dengan pemberian angket, observasi dan wawancara. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA di SMAN 1 Jalaksana dan MAN 2 Kota Cirebon, dengan jumlah siswa masing – masing 40 siswa. Hasil penelitian menunjukan penggunaan dan tingkat respon siswa terhadap penggunaan LMS berbasis Google Classroom. Penelitian ini bertujuan untuk (1)Menganalisis tingkat respon siswa terhadap learning management system berbasis google classroom pada penempatan, pengelolaan, dan penilaian penggunaan aplikasi pembelajaran daring, (2)Menganalisis tingkat self regulated learning pada perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi siswa, dan (3) Menganalisis tingkat tingkat self regulated learning ditinjau dari gender. Hasil penelitian menunjukan pada SMAN 1 Jalaksana penggunaan GCR meliputi pengaturan kelas, pemberian tugas penyampaian materi, unggahan tugas dan penilaian tugas, Pada MAN 2 Kota Cirebon penggunaan GCR meliputi pengaturan tugas, unggahan, dan penilaian tugas. Tingkat respon siswa terhadap penggunaan GCR memilih setuju (61,5%), Pada aspek penempatan aplikasi memilih setuju (66%), pengelolaan aplikasi memilih setuju (68%), dan penilaian aplikasi setuju (60%), Tingkat learning management siswa memiliki tingkat yang kuat (69,5%), dengan aspek perencanaan tngkat kuat (63%), aspek pelaksanaan tingkat kuat (54%), dan aspek evaluasi tingkat sangat kuat (56,5%). Dan tingkat SLR berdasarkan gender memiliki tingkat yang kuat dengan laki – laki (70%) dan perempuan (59%). Kesimpulan dari penelitian ini hasil respon siswa terhadap penggunaan learning management sytem berbasis GCR adalah memilih setuju, tingkat self regulated learning siswa memiliki tingat kuat, dan tingkat Self regulated learning siswa berdasakar gender memiliki tingat yang kuat

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 5. Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi
Depositing User: Eka Cahya Nugraha
Date Deposited: 28 Jul 2022 03:31
Last Modified: 28 Jul 2022 04:35
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/7530

Actions (login required)

View Item View Item