PERAN GURU TAHFIDZ DALAM MEMBANGUN MOTIVASI BELAJAR AL-QUR’AN PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS ISLAM QUR’ANI (SMAIQu) AL-BAHJAH CIREBON

MAU’IDZOTUL HASANAH, (2022) PERAN GURU TAHFIDZ DALAM MEMBANGUN MOTIVASI BELAJAR AL-QUR’AN PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS ISLAM QUR’ANI (SMAIQu) AL-BAHJAH CIREBON. Bachelor thesis, IAIN SYEKH NURJATI. S1 BKI.

[img]
Preview
Text
1 Bagian Awal.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bermula dari adanya indikasi permasalahan dalam belajar Al�Quran di SMA Islam Al-Bahjah Cirebon. Setiap harinya santri diwajibkan untuk menambah hafalan minimal lima baris kepada gurunya agar santri tersebut mencapai target yang sudah ditetapkan oleh sekolah. Akan tetapi, biasanya siswa menambah hafalannya satu halaman. Memang tidak semua siswa mampu menambah hafalan satu halaman dalam satu hari, karena kemampuan menghafal masing-masing santri itu berbeda, ditambah lagi jika dari diri siswa tersebut belum benar tajwidnya dalam membaca Al-Quran. Karena pada kenyataannya jika siswa belum bisa membaca Al-Quran dengan benar, maka ketika menghafalpun prosesnya akan lama bahkan bisa jadi akan terbata-bata, sehingga kualitas hafalannya pun tidak bagus. Hal tersebut membuatsantri malas untuk memperbaiki bacaannya sehingga ia pun menjadi malas dalam menambah hafalan. Siswa yang jarang dalam menambah hafalan akan terlihat di jurnal harian guru nya, sehingga akan terpantau sejauh mana hafalan siswa tersebut. Penelitian ini memiliki tujuan untuk: (1) mengetahui gambaran motivasi belajar Al-Quran di SMA Islam Qurani Al-Bahjah Cirebon pada kelas XI: (2) mengetahui penerapan atau pelaksanaan dalam membangun motivasi belajar al quran pada siswa kelas XI: (3) mengetahui peran guru dalam membangun motivasi belajar al quran pada siswa kelas XI. Berdasarkan pada penelitian dapat digambarkan bahwa motivasi yang dimiliki siswa kelas XI sangatlah beragam. Penelitian ini dilakukan ketika pandemi sudah mulai berkurang, sehingga pembelajaranpun bisa dilakukan dengan tatap muka. Ketika masih dalam keadaan pandemi proses pembelajaran dilakukan dengan cara online atau daring. Motivasi yang ada dalam diri siswa ini terbagi menjadi dua masa. Pertama ketika sedang pandemi dan setelah libur lebaran. Adapun peran guru tahfidz dalam membangkitkan motivasi siswa kelas XI sudah sangat baik meskipun cara yang dilakukannya berbeda-beda, karena siswa yang dihadapinya pun berbeda pula. Menjalankan perannya sebagai seorang guru itu tidaklah mudah. Akan tetapi, disini guru berusaha semaksimal mungkin untuk memerankan peran yang harus dilaksanakan demi keberhasilan siswa tersebut.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Peran Guru, Motivasi Belajar Al-Qur’an, Siswa
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 27 Oct 2022 03:49
Last Modified: 27 Oct 2022 03:49
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8208

Actions (login required)

View Item View Item