PENGARUH MENONTON FILM KARTUN UPIN IPIN TERHADAP PERILAKU VERBAL ANAK USIA 7-9 TAHUN DI DESA MANDAPA, KEC. DAWUAN, MAJALENGKA

Meli Nurul Qamaliah, (2022) PENGARUH MENONTON FILM KARTUN UPIN IPIN TERHADAP PERILAKU VERBAL ANAK USIA 7-9 TAHUN DI DESA MANDAPA, KEC. DAWUAN, MAJALENGKA. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon S1 KPI.

[img]
Preview
Text
Cover s.d Daftar Isi.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (400kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (358kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (377kB) | Preview

Abstract

Banyaknya guru sekaligus orang tua anak menyatakan bahwa, anak-anak suka dengan film kartun Upin-Ipin, beliaupun sering melihat dan mendengar mereka menirukan logat-logat Upin-Ipin. Baginya kesukaan anak-anak dengan film upin-ipin tidak bermasalah perilaku mereka meniru gaya berbicara, kata-kata ataupun adegan-adegan yang ada di film upin-ipin juga tidak terlalu berdampak buruk bagi pendidikan mereka disekolah karena memang film upin-ipin itu banyak edukasinya, etika sosialpun masih ada, jadi walaupun anak-anak berperilaku seperti itu tidak akan mempengaruhi kecakapan anak-anak dalam belajar, malahan bisa menjadi semangat bagi mereka dalam belajar, karena anak akan lebih mudah belajar bersama dengan hal-hal yang mereka suka. Berdasarkan latar belakang yang dipaparkan tersebut,maka pertanyaan penelitiannya adalah (1) Bagaimana tingkat terpaan media dalam menonton film kartun Upin Ipin terhadap anak-anak usia 7-9 tahun di Desa Mandapa? (2)Seberapa besar pengaruh yang signifikan menonton Film Kartun Upin & Ipin? (3)Bagaimana perilaku verbal anak yang diakibatkan dari menonton film kartun Upin & Ipin ? Tujuan penelitian ini Untuk Mengetahui tingkat terpaan media menonton film kartun Upin Ipin terhadap anak-anak usia 7-9 tahun di Desa Mandapa. Untuk mengetahui Seberapa besar pengaruh yang signifikan menonton Film Kartun Upin & Ipin. Untuk mengetahui perilaku verbal anak yang diakibatkan dari menonton film kartun Upin & Ipin. Dalam penelitian ini metodologi penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif deskriptif dengan metode pendekatan survey. Sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan datanya adalah angket, wawancara, dan observasi. Analisis data yang digunakan yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, dan Uji regresi linier sederhana. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Sebagian besar penonton yang menonton film kartun Upin Ipin “Bernilai positif atau adanya pengaruh menonton film kartun Upin Ipin terhadap perilaku verbal anak usia 7-9 tahun di Blok Senen Desa Mandapa.” (2) Variabel Terpaan Media (X1) terhadap Variabel Perilaku Verbal (Y) yaitu Signifikan, yang mengandung pengertian bahwa “Pengaruh Terpaan Media (X1) terhadap Perilaku Verbal (Y) adalah sebesar 5,3%”. Dan Variabel Resonance (X2) terhadap Perilaku Verbal (Y) yaitu Signifikan, yang mengandung pengertian bahwa “Adanya pengaruh Resonance (X2) terhadap Perilaku Verbal (Y) adalah sebesar 23,1%”. (3) Perilaku verbal yang diakibatkan menonton film Upin Ipin yaitu seringnya anak-anak menggunakan bahasa Melayu dalam kehidupan sehari-hari.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh Menonton Film, Kartun Upin Ipin, Perilaku Verbal Anak
Subjects: Filsafat, Psikologi, Agama > Psikologi
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 05 Dec 2022 06:50
Last Modified: 05 Dec 2022 06:50
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8411

Actions (login required)

View Item View Item