Pengaruh Antara Dukungan Sosial dan Kecerdasan Emosional Siswa Kelas VIII Terhadap Self Regulated Learning Pada Pembelajaran IPS Di SMP Negeri 14 Kota Cirebon

Tri Ratna Sari, (2022) Pengaruh Antara Dukungan Sosial dan Kecerdasan Emosional Siswa Kelas VIII Terhadap Self Regulated Learning Pada Pembelajaran IPS Di SMP Negeri 14 Kota Cirebon. Bachelor thesis, S1 Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
AWALAN DLL.pdf

Download (902kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (299kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (328kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAPUS.pdf

Download (278kB) | Preview

Abstract

Self regulated learningkemampuan seorang siswa dalam mengintegrasikan dimensi yang ada dalam dirinya yaitu metkognisi, motivasi dan perilaku. Tingginya self regulated learning ketika proses pembelajaran IPS akan membawa pengaruh yang baik terhadap proses belajar yang menyenangkan. Namun, pada studi awal ditemukan bahwa masih banyak siswa yang belum memiliki self regulated learningyang baik, seperti tugas yang tidak dikumpulkan secara tepat waktu, siswa kurang aktif dan responsif ketika proses belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana dukungan sosial guru IPS, kecerdasan emosional siswa dan seberapa besar pengaruh dukungan sosial guru IPS dan kecerdasan emosional siswa kelas VIII terhadap self regulated learning pada pembelajaran IPS di SMP Negeri 14 Kota Cirebon. Self regulated learningyang baik tidak semerta - merta hadir tanpa faktor yang mempengaruhinya. Dukungan sosial dan kecerdasan emosional merupakan salah satu faktor yang dapat meningkatkan self regulated learning.Dukungan sosial berarti sebuah bantuan yang diberikan seseorang terhadap individu agar individu merasa dihargai, dicintai dan diperhatikan dan kecerdasan emosional merupakan kemampuan siswa dalam bertindak dengan mengontrol emosinya dibarengi dengan kecerdasan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif dengan desain penelitian korelasional yang menggunakan tiga variabel yaitu (dukungan sosial guru IPS), (kecerdasan emosional) dan Y (self regulated learning). Populasi penelitiannya adalah seluruh kelas VIII yang dipilih dengan menggunakan teknik cluster sampling, sehingga sampelnya yaitu 31 responden. teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, uji hipotesis berupa, uji t, uji f, dan koefisien determinasi. Hasil penelitian ini berdasarkan angket yang disebar kepada 31 responden menunjukkan bahwa (1) tingkat dukungan sosial guru IPS didapatkan skor sebesar 72,2% yang termasuk pada kategori cukup. (2) tingkat kecerdasan emosional siswa kelas VIII menunjukkan hasil sebesar 72,5% yang termasuk kategori cukup (3) dari hasil uji t, didapatkan nilai sig.variabel sebesar 0,041 yang mana lebih kecil dari 0,05 maka dapat diterima, dan nilai sig. sebesar 0,000 yang juga hasilnya lebih kecil dari 0,05 maka dapat diterima. (4) dari uji F diketahui secara simultan nilai sig. menunjukkan nilai sebesar 0,000 yang mana lebih kecil dari 0,05, maka artinya dapat diterima. (5) pada koefisien determinasi menunjukkan hasil sebesar 0,568 atau 56,8% yang artinya variabel dan memberi pengaruh sebesar 56,8% terhadap variabel Y.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Self Regulated Learning, Dukungan Sosial, dan Kecerdasan Emosional
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 6. Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 19 Dec 2022 07:47
Last Modified: 19 Dec 2022 07:47
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8703

Actions (login required)

View Item View Item