Analisis Komparatif Terhadap Kualitas Pelayanan pada Nasabah Produk Tabungan Emas Pengguna Aplikasi Pegadaian Syariah Digital dan Manual (Studi di Kantor Pegadaian Unit Pelayanan Syariah Cirebon Bisnis Center)

TOUFA RIZKYAH, (2023) Analisis Komparatif Terhadap Kualitas Pelayanan pada Nasabah Produk Tabungan Emas Pengguna Aplikasi Pegadaian Syariah Digital dan Manual (Studi di Kantor Pegadaian Unit Pelayanan Syariah Cirebon Bisnis Center). Bachelor thesis, S1 Akuntansi Syariah IAIN Syekh Nurjati.

[img]
Preview
Text
1908205077_1_cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908205077_2_bab1.pdf

Download (443kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908205077_6_bab5.pdf

Download (346kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908205077_7_dafpus.pdf

Download (255kB) | Preview

Abstract

TOUFA RIZKYAH. NIM : 1908205077, “Analisis Komparatif Terhadap Kualitas Pelayanan pada Nasabah Produk Tabungan Emas Pengguna Aplikasi Pegadaian Syariah Digital dan Manual (Studi di Kantor Pegadaian Unit Pelayanan Syariah Cirebon Bisnis Center)”, 2023. Pegadaian Syariah merupakan salah satu lembaga keuangan syariah bukan bank yang menyediakan jasa tabungan emas, berdasarkan hal tersebut semakin banyak pula persaingan yang ada. Menghadapi persaingan tersebut Pegadaian Syariah kini memiliki beberapa inovasi baru untuk mengembangan produk tabungan emas melalui kualitas pelayanan, yang dulu hanya menggunakan sistem manual, kini berkembang ke digitalisasi yaitu menggunakan aplikasi Pegadaian Syariah Digital. Maka dari itu, dibutuhkan analisis komparasi untuk meninjau kualitas pelayanan pada pengguna sistem manual dan pengguna aplikasi Pegadaian Syariah Digital. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis komparatif, teknik pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner, observasi dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini yaitu nasabah tabungan emas Pegadaian Unit Pelayanan Syariah Cirebon Bisnis Center yaitu sebanyak 279 nasabah. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sejumlah 100 nasabah dengan menggunakan stratified random sampling, yang terdiri dari 50 nasabah sistem manual dan 50 nasabah pengguna aplikasi Pegadaian Syariah Digital. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji Mann Whitney U dengan bantuan aplikasi Statistical Product and Service Soution (SPSS) versi 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara uji Mann Whitney U terdapat perbedaan secara signifikansi antara kualitas pelayanan sistem manual dan aplikasi Pegadaian Syariah Digital, hasil uji Mann Whitney U lebih kecil daripada nilai taraf siginifikansi dengan nilai asymp. sig (2-tailed) 0,000 < 0.05. Perbedaan kualitas pelayanan dapat dilihat pula dengan hasil kuesioner yang diperoleh, dari indikator bukti fisik (tangibles) pada sistem manual yang menunjukkan bahwa ruang tunggu yang disediakan kurang memadai, dan pada pengguna aplikasi Pegadaian Syariah Digital terdapat 2 indikator yaitu bukti fisik (tangibles) dan kehandalan (reability) yang menunjukkan bahwa fitur dashboard harga emas terkadang eror dan aplikasi sedikit susah untuk digunakan. Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Sistem Manual, Aplikasi Pegadaian Syariah Digital

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 19 May 2023 07:05
Last Modified: 19 May 2023 07:05
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/10410

Actions (login required)

View Item View Item