NILA ARDYANTI, (2023) PENGARUH DAYA TARIK HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN PREFERENSI KONSUMEN BERBELANJA PAKAIAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING DI PASAR TRADISONAL CILEDUG. Bachelor thesis, S1 Ekonomi Syariah IAIN Syekh Nurjati.
|
Text
1908204103_1_cover.pdf Download (960kB) | Preview |
|
|
Text
1908204103_2_bab1.pdf Download (281kB) | Preview |
|
|
Text
1908204103_6_bab5.pdf Download (128kB) | Preview |
|
|
Text
1908204103_7_dafpus.pdf Download (306kB) | Preview |
Abstract
NILA ARDYANTI. NIM: 1908204103, “PENGARUH DAYA TARIK HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN PREFERENSI KONSUMEN BERBELANJA PAKAIAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING DI PASAR TRADISONAL CILEDUG.” Perdagangan merupakan salah satu penggerak ekonomi dari suatu negara. Aktivitas perdagangan sangat berpengaruh besar bagi keberlangsungan hidup masyarakat. Konsumen menjadikan harga sebagai tolok ukur dari kualitas produk yang dijual, sehingga konsumen akan membeli produk dengan harga yang sesuai dengan preferensi mereka terhadap kualitas suatu produk. Kunci dari bertahannya pasar tradisional terhadap persaingan yaitu adanya loyalitas pelanggan yang menjadi keunggulan dalam bersaing secara berkelanjutan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui seberapa besar pengaruh variabel harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian dengan preferensi konsumen sebagai variabel intervening di pasar tradisional Ciledug. Adapun metode dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan model analisis jalur (path analysis). Penarikan sampel menggunakan random sampling untuk variabel bebas yaitu harga (X1), kualitas produk (X2), untuk variabel terikat yaitu keputusan pembelian (Y) dan untuk variabel intervening yaitu preferensi konsumen (Z). Pada penelitian ini jumlah responden yang digunakan adalah 96 responden. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa analisis harga tidak berpengaruh terhadap preferensi konsumen, hal ini dibuktikan dengan nilai uji t yang diperoleh yaitu sebesar - 0,692 < 1,661 dengan nilai signifikansi yaitu sebesar 0,490 > 0,05. Kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap preferensi konsumen, hal ini dibutikan dengan nilai uji t yang diperoleh yaitu sebesar 6,244 > 1,661 dengan nilai signifikansi yaitu sebesar 0,000 < 0,05. Harga tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian, hal ini dibuktikan dengan nilai uji t yang diperoleh yaitu sebesar 0,185 < 1,661 dengan nilai signifikansi yaitu sebesar 0,935 > 0,05. Kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap preferensi konsumen, hal ini dibuktikan dengan nilai uji t yang diperoleh yaitu sebesar 3,590 > 1,661 dengan nilai signifikansi yaitu sebesar 0,001 < 0,05. Preferensi konsumen berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, hal ini dibuktikan dengan nilai uji t yang diperoleh yaitu sebesar 6,745 > 1,661 dengan nilai signifikansi yaitu sebesar 0,000 < 0,05. Harga melalui preferensi konsumen tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian dimediasi preferensi konsumen berbelanja pakaian di pasar tradisional Ciledug, hal ini dibuktikan dengan nilai pengaruh langsung sebesar 0,014 dan pengaruh tidak langsung sebesar -0,037. Dan kualitas produk melalui preferensi konsumen berpengaruh secara tidak langsung terhadap keputusan pembelian, hal ini dibuktikan dengan nilai pengaruh langsung sebesar 0,377 dan pengaruh tidak langsung sebesar 0,436. Kata Kunci: Harga, Kualitas Produk, Pasar Tradisional
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HC Economic History and Conditions |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam |
Depositing User: | rosyidah rosyidah rosyidah |
Date Deposited: | 25 May 2023 02:54 |
Last Modified: | 25 May 2023 02:55 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/10555 |
Actions (login required)
View Item |