DESI SAFITRI, (2023) STRATEGI PEMASARAN DALAM PRODUK GADAI EMAS PADA PEGADAIAN SYARIAH TUKMUDAL. Bachelor thesis, S1 Perbankan Syariah IAIN Syekh Nurjati.
|
Text
1908203150_1_cover.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
1908203150_2_bab1.pdf Download (373kB) | Preview |
|
|
Text
1908203150_6_bab5.pdf Download (126kB) | Preview |
|
|
Text
1908203150_7_dafpus.pdf Download (201kB) | Preview |
Abstract
DESI SAFITRI. NIM:1908203150. “STRATEGI PEMASARAN DALAM PRODUK GADAI EMAS PADA PEGADAIAN SYARIAH TUKMUDAL”, 2023 Strategi pemasaran menjadi sangat penting bagi Pegadaian Tukmudal untuk memperoleh target yang ditetapkan. Dan dibutuhkan strategi pemasaran yang inovatif dan luas. Agar dapat meningkatkan jumlah nasabah dan mampu menarik perhatian masyarakat. Karena Tanpa adanya strategi pemasaran tidak akan ada penjualan atau pemasaran produk gadai emas yang sangat maksimal. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis strategi pemasaran yang diterapkan pegadaian syariah Tukmudal dan untuk mengetahui dan menganalisis kekuatan, kelemahan, peluang, dan tantangan produk gadai emas pada pegadaian syariah Tukmudal. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Objek penelitian ini yaitu Pegadaian Syariah Tukmudal. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan teknik analisis SWOT, dengan dibantu menggunakan daftar pertanyaan yang berisi tanggapan atas setiap faktor internal dan eksternal dari strategi pemasaran produk gadai emas pada Pegadaian Syariah Tukmudal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang digunakan Pegadaian Syariah Tukmudal adalah dengan menggunakan beberapa strategi marketing mix yaitu 7P, strategi produk, strategi place, promotion, price, people, proses dan sarana fisik (phisycal devidence) selain itu promosi yang paling sering dilakukan yaitu dengan menggunakan menggunakan teknologi digital melalui media sosial seperti instagram,facebook, dan whatsApp. Dengan pemasaran digital ini memberikan dampak jangkauan yang lebih luas kepada semua lapisan masyarakat. Strategi pemasaran juga dilakukan melalui penyebaran brosur ke pasar-pasar dan tempat strategis lainnya. Pemasaran juga dilakukan melalui member get member dengan memanfaatkan nasabah sebagai marketer. Adapun hasil analisis SWOT dari Strategi produk gadai emas pada Pegadaian Syariah Tukmudal adalah menggunakan strategi SO. Strategi ini digunakan dengan melihat kekuatan yang paling mungkin digunakan dengan memanfaatkan peluang eksternal yaitu dengan cara:(1) Melakukan peningkatan melalui promosi pada media sosial maupun cetak untuk memperluas pasar, (2) Memperkuat brand (produk gadai emas berbasis syariah) dengan memberikan fasilitas kemudahan kepada nasabah, (3) Memperkenalkan kepada masyarakat bahwa produk gadai emas yang ditawarkan adalah untuk kebutuhan masyarakat dan (4) Memberikan pelayanan yang terbaik agar respon dan minat masyarakat semakin meningkat Kata kunci: Strategi,pemasaran,gadai emas
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | rosyidah rosyidah rosyidah |
Date Deposited: | 27 Jun 2023 05:07 |
Last Modified: | 27 Jun 2023 05:07 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/10724 |
Actions (login required)
View Item |