Ikrima Adistiya, (2022) STRATEGI PEMBELAJARAN TAHFIDZ AL-QUR’AN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN HAFALAN SANTRI DI RUMAH TAHFIDZ NURUL HAYAH INDRAMAYU. Bachelor thesis, S2- MAGISTER PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.
|
Text
cover - daftar isi.pdf Download (978kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (345kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (158kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (259kB) | Preview |
Abstract
Ikrima Adistiya : STRATEGI PEMBELAJARAN TAHFIDZ AL-QUR’AN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN HAFALAN SANTRI DI RUMAH TAHFIDZ NURUL HAYAH INDRAMAYU Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya masyarakat yang tertarik untuk memasukkan anaknya kedalam lembaga yang mendalami program tahfidz. Sasaran yang dituju diantaranya adalah rumah tahfidz sebagai salah satu Lembaga Pendidikan Al-Qur’an yang memiliki aktivitas pokok mempelajari, menghafal, mentadabburi, dan mengamalkan Al�Qur’an. Rumah tahfidz mengharuskan menerapkan strategi yang tepat untuk bisa mencetak penghafal Al-Qur’an 30 juz, dikarenakan kemampuan dari santri yang berbeda-beda. Dalam pembelajaran akan muncul hambatan seperti santri kesulitan menghafal karena tingkat kecerdasan yang rendah, sehingga untuk menyelesaikan hafalan membutuhkan waktu lama. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk menganalisis penerapan strategi pembelajaran tahfidz Al-Qur’an di Rumah Tahfidz Nurul Hayah Indramayu (2) Untuk menganalisis tingkat kemampuan hafalan Al-Qur’an santri di Rumah Tahfidz Nurul Hayah Indramayu (3) Untuk menganalisis faktor-faktor pendukung dan penghambat penerapan strategi pembelajaran tahfidz Al-Qur’an di Rumah Tahfidz Nurul Hayah Indramayu. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik model Miles dan Hubberman dengan kegiatan analisis data dilakukan dalam tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran tahfidz yang digunakan adalah percepatan hafalan dengan menggabungkan beberapa metode pembelajaran tahfidz yaitu tahsin, talaqqi, tikrar, muraja’ah, dan tasmi’ sedangkan model pembelajarannya binnadzor (melihat mushaf), bilghoib (tanpa melihat mushaf) dan nisfunnadzar (gabungan keduanya). Tingkat kemampuan hafalan santri pratahfidz yaitu sebanyak 80% santri sudah hafal surat pendek Adh-Dhuha sampai dengan An-Nas, santri tahfidz sebanyak 33% santri telah mencapai target tiga juz dalam satu bulan, santri pascatahfidz 100% mampu menargetkan tasmi’ satu juz setiap bulannya. Faktor pendukung penerapan strategi pembelajaran tahfidz dari sisi ustadz diantaranya : Kesiapan selama 24 jam berada di rumah tahfidz, kemampuan manajemen waktu, dan adanya kompetensi dibidang tahfidz. Faktor pendukung dari sisi santri : Motivasi dan kemauan yang tinggi, manajemen waktu yang baik, kecerdasan yang tinggi, memahami keutamaan menghafal Al-Qur’an, dan usia santri yang tergolong usia produktif. Faktor-faktor penghambat dari sisi ustadz diantaranya : Adanya kesibukan diluar, kondisi kesehatan yang terganggu. Faktor penghambat dari sisi santri diantaranya : Timbulnya rasa malas, kurangnya istiqomah, kesulitan menghafal karena kecerdasan yang lemah, muculnya rasa bosan, dan kesehatan yang terganggu. Kata kunci : Strategi Pembelajaran, Tahfidz, Menghafal Al-Qur’an
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Divisions: | Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Islam > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | rosyidah rosyidah rosyidah |
Date Deposited: | 21 Jul 2023 02:04 |
Last Modified: | 21 Jul 2023 02:05 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/11525 |
Actions (login required)
View Item |