DESI PUSPITA, (2023) ALIH KODE DAN CAMPUR KODE DALAM PEMBELAJARAN PIDATO PERSUASIF DI KELAS IX SMPN 2 PLERED KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, S1-tadris BAHASA INDONESIA IAIN SYEKH NURJATI CIREBON.
|
Text
1908110080_1_cover.pdf Download (775kB) | Preview |
|
|
Text
1908110080_2_bab1.pdf Download (88kB) | Preview |
|
|
Text
1908110080_6_bab5.pdf Download (25kB) | Preview |
|
|
Text
1908110080_7_dafpus.pdf Download (47kB) | Preview |
Abstract
Alih Kode dan Campur Kode Dalam Pembelajaran Menyampaikan Pidato Persuasif Di Kelas IX SMPN 2 Plered Kabupaten Cirebon. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. Pembimbing satu Udin Kamiluddin, M. A. Pembimbing dua Dra. Tati Sri Uswati, M.Pd.2023. Tujuan penelitian ini yakni untuk mendeskripsikan alih kode dan campur kode serta faktor yang memengaruhi terjadinya alih kode dan campur kode dalam pembelajaran menyampaikan Pidato Persuasif di kelas IX SMPN 2Plered Kabupaten Cirebon. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni metode deskriptif kualitatif. Desain dalam penelitian menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan sosiolinguistik. Sumber dan data dalam penelitian ini yakni berupa tuturan peserta didik dan guru SMPN 2 Plered Kabupaten Cirebon. Teknik pengumpulan data menggunakan menggunakan teknik simak dengan teknik dasar, teknik sadap yaitu menyadap tuturan peserta didik dan guru SMPN 2 Plered yang termasuk alih kode dan campur kode. Kemudian dilanjutkan dengan teknik simak libat cakap dan teknik catat. Instrumen pengumpulan data menggunakan kartu data. Kartu data berfungsi untuk mempermudah peneliti dalam mengelompokkan data yang diperoleh untuk kemudian dianalisis sesuai dengan alih kode dan campur kode. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode padan yakni metode padan translasional. Penggunaan metode padan translasional di mana alat penentunya bahasa atau lingual yang lain. Hasil penelitian ini terdapat bentuk alih kode dan campur kode pada pembelajaran pidato persuasif di kelas IX SMPN 2 Plered Kabupaten Cirebon, hal ini yang melatarbelakangi berupa pengaruh dari bahasa ibu, kebiasaan, faktor lingkungan sekitar, mudah dipahami, tergantung kawan bicara, gaul, dan menyesuaikan topik bicara.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 10. Tadris Bahasa Indonesia |
Depositing User: | rosyidah rosyidah rosyidah |
Date Deposited: | 01 Sep 2023 07:28 |
Last Modified: | 01 Sep 2023 07:28 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/11849 |
Actions (login required)
View Item |