Peran Total Quality Management (TQM) Dalam Mewujudkan Sekolah Yang Bermutu (Studi Kasus Di SMA Al-Islam Boarding School Cirebon)

Siska Widianti, (2020) Peran Total Quality Management (TQM) Dalam Mewujudkan Sekolah Yang Bermutu (Studi Kasus Di SMA Al-Islam Boarding School Cirebon). Masters thesis, S-2 Manajemen Pendidikan Islam.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. BAB I.pdf

Download (992kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB V.pdf

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. DAPUS.pdf

Download (503kB) | Preview

Abstract

Dunia Pendidikan pada saat ini, yaitu pendidikan yang dihadapkan pada berbagai tantangan baik nasional maupun intenasional. Sehingga, peranan peserta didik dimasa yang akan datang adalah berperan menjadi manusia yang berkualitas yang senantiasa mampu memecahkan persoalan-persoalan kebutuhan hidupnya secara mandiri. Hal tersebut di atas menjadi dasar pemikiran bahwa untuk menghadapi era globalisasi khusunya persaingan dalam dunia pendidikan perlu adanya peran Total Quality Management dalam peningkatan kualitas pendidikan. Fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimana pelaksaaan Total Quality Management, tantangan dan hambatan 2) Bagaimana pengaruh Total Quality Management terhadap peningkatan mutu pendidikan dan 3) Bagaimana upaya untuk menanggulangi faktor penghambat dalam pelaksanaan Total Quality Management dalam mewujudkan sekolah yang bermutu. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif jenis studi kasus. Proses pengumpulan data digunakan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles & Huberman. Data yang terkumpul dan sudah dicek keabsahannya dianalisis dengan cara : 1) Reduksi data, 2) Penyajian data, dan 3) Penarikan kesimpulan. Pengecekan data digunakan metode triangulasi. Hasil penelitian ini adalah 1) Total Quality Management dalam mewujudkan sekolah yang bermutu di SMA Al-Islam dilakukan melalui sebuah perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengembangan, dan evaluasi. Unsur Total Quality Management yang dilaksanakan di SMA Al-Islam ada 10 yaitu fokus pada pelanggan, obsesi pada kualitas, pendekatan ilmiah, komitmen jangka Panjang, kerja sama, perbaikan berkesinambungan, pendidikan dan Latihan, kebebasan yang terkendali, kesatuan tujuan, dan pemberdayaan karyawan 2) Pengaruh Total Quality Management dalam peningkatan mutu pendidikan di SMA AL-Islam berpengaruh terhadap peningkatan mutu proses pembelajaran, peningaktan mutu layanan, peningkatan mutu lingkungan, dan peningkatan mutu sumber daya manusia (SDM) 3) Upaya untuk mengatasi faktor penghambat pelaksanaan Total Quality Management yaitu dengan cara melakukan perekrutan karyawan, mengadakan berbagai pelatihan-pelatihan kependidikan dan mengikuti sertakan pada acara seperti workshop, seminar, MGMP, dan lain-lain. Kata Kunci : Tantangan Pendidikan, Total Quality Management, Mutu Pendidikan

[error in script]
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 22 Jan 2024 02:10
Last Modified: 27 May 2024 02:02
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/12114

Actions (login required)

View Item View Item