Eem Ubada Al Mudzaifah, (2021) Peningkatan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Melalui Manajemen Kelas di SD Negeri 2 Pasaleman Kabupaten Cirebon. Masters thesis, S-2 Manajemen Pendidikan Islam.
|
Text
COVER DLL.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (311kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V PENUTUP.pdf Download (106kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (193kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Eem Ubada Al Mudzaifah, 17086010006; Peningkatan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Melalui Manajemen Kelas Di SD Negeri 2 Pasaleman Kabupaten Cirebon. Tesis. Program Studi Manajemen Pendidikan Islam. Pascasarjana IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Salah satu faktor keberhasilan anak dalam belajar yaitu seorang guru yang mampu memahami dan menguasai memejemen kelas dengan baik sehingga mutu atau kualitas anak dalam belajar akan mengalami peningkatan. Namun peningakatan mutu pembelajaran siswa yang terjadi disekolah berupa nilai prestasi siswa masih rendah, motivasi dan minat siswa kurang. Hal ini faktor dari manajemen kelas guru yang kurang optimal sehingga belum dapat meningkatkan mutu pembelajaran yang maksimal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan perencanaan peningkatan mutu pembelajaran melalui manajemen kelas, untuk menjelaskan pelaksanaan manajemen kelas, dan untuk menjelaskan upaya guru dalam meningkatkan mutu pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menerapkan metode deskriptif yang berpijak pada tehnik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan studi dokumentasi serta tahapan analisis data dengan menerapkan tehnik reduksi, penyajian dan verifikasi data, serta penarikan kesimpulan. Peneliti dengan teknik pengumpulan data tersebut melakukan wawancara dengan empat orang guru di SD Negeri 2 Pasaleman disertai melakukan kegiatan observasi secara seksama proses pembelajaran yang difokuskan pada relasi peningkatan mutu pembelajaran melalui menejemen kelas yang didukung dengan upaya menelaah dokumen yang dimilikinya. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa guru dalam memenej kelas cukup baik karena guru mampu merencanakan pembelajaran di kelas akan tetapi guru belum dapat mengembangkan pelaksanaan pembelajaran yang kurang menyenangkan, penggunaan strategi yang kurang tepat dan metode pembelajaran yang kurang bervariasi. Semuanya itu berimplikasi terhadap peningkatan mutu belajar siswa, sehingga guru diharapkan konsistensi dalam memenej kelas dengan baik, memiliki daya kreaktifitas yang baik, berinovasi di dalam kelas dan memiliki kepedulian terhadap siswa. Kata Kunci : peningkatan mutu pembelajaran siswa, manajemen kelas
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Pengembangan Bahan Ajar |
Divisions: | Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | tuti alawiyah alawiyah |
Date Deposited: | 22 Jan 2024 07:09 |
Last Modified: | 20 Feb 2024 08:23 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/12175 |
Actions (login required)
View Item |