Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Problem Based Learning Dalam Peningkatan Karakter Tanggung Jawab Peserta Didik

Casdana, (2023) Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Problem Based Learning Dalam Peningkatan Karakter Tanggung Jawab Peserta Didik. Masters thesis, S-2 Pendidikan Agama Islam.

[img]
Preview
Text
1. COVER S.D DAFTAR ISI - CASDANA 19086030039.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. BAB I- CASDANA 19086030039.pdf

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB V- CASDANA 19086030039.pdf

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. DAFTAR PUSTAKA- CASDANA 19086030039.pdf

Download (286kB) | Preview

Abstract

Casdana. 19086030039. Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Problem Based Learning dalam Peningkatan Karakter Tanggung Jawab Peserta Didik (Studi Kasus SMP IT Al-Ittihad Sumberjaya Majalengka) Salah satu tujuan dari pendidikan agama Islam adalah untuk membentuk individu yang memiliki karakter mulia salah satunya yaitu karakter rasa Tanggung jawab. Rasa tanggung jawab merupkan salah satu karakter yang sangat dibutuhkan dalam kehidupan sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajran Problem Based Learning pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dalam peningkatan karakter tanggung jawab siswa kelas IX SMP IT Alittihad Sumberjaya Majalengka. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam menggunakan model pembelajaran problem based learning dalam menyampaikan materi PAI, dan kondisi siswa ketika mengikuti pembelajaran PAI menggunakan model pembelajaran problem based learning serta untuk mengetahui adanya peningkatan hasil belajar siswa dan karakter tanggung jawab siswa sebelum dan sesudah mengikuti pembelajaran PAI menggunakan model pembelajaran Problem based learning. Hasil penelitian menunjukan: pertama, dalam pembelajaran PAI menggunakan model pembelajaran problem based learning dalam peningkatan karakter tanggung jawab siswa. dimulai dari Guru menyampaikan materi,penugasan kelompok dan presentasi kelompok di depan kelas. Dari kegiatan ini siswa dilatih untuk memiliki rasa tanggung jawab terhadap apa yang ditugaskan. siswa juga lebih termotivasi dalam kegiatan belajar, siswa lebih tertarik dan lebih fokus selama mengikuti pembelajaran tersebut. Kedua, pada prasiklus, siklus I dan II terdapat perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas IX SMP It Al-Ittihad Sumberjaya Majalengka sebelum dan sesdudah mengikuti pembelajaran PAI menggunakan model pembelajaran problem based learning. Hal ini dapat dilihat melalui nilai nilai hasil tes diatas KKM yang ditentukan. Sebelum dilakukan tindakan hanya 33,00% siswa yang mendapatkan nilai KKM, pada tindakan siklus I meningkat menjadi 53,00% siswa yang mendapatkan nilai KKM, kemudian pada siklus II menjadi 81,00. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran PAI menggunakan model pembelajaran problem based learning terbukti efektif untuk peningkatan karakter tanggung jawab siswa kelas IX SMP It Al- Ittihad Sumberjaya Majalengka. Kata Kunci: Model pembelajaran; Problem Based Learning; peningkatan karakter peserta didik;

[error in script]
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Model Pembelajaran
Divisions: Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 08 Jan 2024 07:05
Last Modified: 13 Mar 2024 07:38
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/12315

Actions (login required)

View Item View Item