IMPLEMENTASI MANAJEMEN KURIKULUM DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN DI MTs MAFATIHUL HUDA CIREBON

Imronah Nur Latifah, I (2023) IMPLEMENTASI MANAJEMEN KURIKULUM DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN DI MTs MAFATIHUL HUDA CIREBON. Masters thesis, S-2 Manajemen Pendidikan Islam.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (925kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. BAB I.pdf

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB V.pdf

Download (346kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. DAPUS.pdf

Download (262kB) | Preview

Abstract

Kurikulum merupakan salah satu substansi manajemen madrasahyangsangat penting, dan perlu dikelola serta diperhatikan. Hal ini berkaitan denganpenentuan tujuan, isi, serta proses pendidikan yang pada akhirnya menghasilkanpembelajaran yang berkualitas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi kurikulum di MTs Mafatihul HudaCirebon.Peneltian ini menggunakan penelitian kualitatif, dengan metode deskriptif melalui studi lapangan yang dilakukan di MTs Mafatihul Huda Cirebon. Adapunperolehan datanya menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Perencanaan kurikulum di MTs Mafatihul Huda Cirebon meliputi beberapakegiatan di antaranya adalah rapat perencanaan pembelajaran setiap menjelangtahun ajaran baru dengan melibatkan Kepala Madrasah, seluruh tenaga pendidikdan komite madrasah untuk merumuskan dan menentukan tujuan pendidikan, menetapkan bahan ajar, metode, dan strategi yang akan digunakan, sertamenyusun rencana evaluasi. (2) Pengorganisasian kurikulum dengan menyusun jadwal pelajaran, melakukanpembagian tugas mengajar, menyusun jadwal kegiatan ekstrakurikuler, menyusunperbaikan dan menyusun jadwal untuk kegiatan pengayaan. (3) Pelaksanaan pembelajaran didukung oleh kemampuan tenaga pendidikyangmengajar, serta sarana dan prasarana yang memadai. (4) Evaluasi kurikulum meliputi penilaian autentik yang dilihat pada aspek sikap, keterampilan, dan pengetahuan. Selain itu, pada proses evaluasinya menggunakanmetode evaluasi pembelajaran, evaluasi harian, evaluasi mingguan, evaluasi bulanan, evaluasi 3 bulanan, evaluasi semester dan evaluasi tahunan. Sertamenggunakan evaluasi model CIPP untuk mengetahui konteks, masukan, proseshingga hasilnya. Keyword: Impelementasi Kurikulum, Manajemen Kurikulum, KualitasPembelajaran.

[error in script]
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
Divisions: Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 08 Jan 2024 04:54
Last Modified: 27 May 2024 03:21
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/12322

Actions (login required)

View Item View Item