ANALISIS UPAYA PENYELESAIAN SENGKETA WANPRESTASI YANG DILAKUKAN OLEH KONSUMEN KEPADA PELAKU USAHA MELALUI SISTEM PRE ORDER PADA AKUN INSTAGRAM @bigcheese.id DALAM PERSPEKTIF HUKUM EKONOMI SYARIAH

ILA NUR FADILAH, I (2023) ANALISIS UPAYA PENYELESAIAN SENGKETA WANPRESTASI YANG DILAKUKAN OLEH KONSUMEN KEPADA PELAKU USAHA MELALUI SISTEM PRE ORDER PADA AKUN INSTAGRAM @bigcheese.id DALAM PERSPEKTIF HUKUM EKONOMI SYARIAH. Bachelor thesis, S1 Hukum Ekonomi Syariah IAIN SNJ.

[img]
Preview
Text
1908202017_1_cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908202017_2_bab1.pdf

Download (576kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908202017_6_bab5.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908202017_7_dafpus.pdf

Download (317kB) | Preview

Abstract

ILA NUR FADILAH. NIM: 1908202017, “ANALISIS UPAYA PENYELESAIAN SENGKETA WANPRESTASI YANG DILAKUKAN OLEH KONSUMEN KEPADA PELAKU USAHA MELALUI SISTEM PRE ORDER PADA AKUN INSTAGRAM @bigcheese.id DALAM PERSPEKTIF HUKUM EKONOMI SYARIAH”. Pre Order merupakan salah satu sistem jual beli secara online yang melibatkan antara penjual dan pembeli. Dalam sistem pre order, pembeli memesan dan membayar produk terlebih dahulu, dengan estimasi waktu yang telah diinfokan dan disepakati, hingga stok produk tersedia. Dalam hal ini, tidak menutup kemungkinan para pihak melakukan kelalaian atau tidak memenuhi kewajibannya sehingga akan mengakibatkan wanprestasi. Penelitian ini betujuan untuk mengetahui bentuk pertanggungjawaban konsumen yang wanprestasi terhadap pelaku usaha melalui sistem pre order pada akun instagram @bigcheese.id dan upaya penyelesaian sengketa wanprestasi konsumen terhadap pelaku usaha melalui sistem pre order pada akun instagram @bigcheese.id menurut Hukum Ekonomi Syariah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan yuridis empiris. Sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer yang didapat secara langsung melalui wawancara, observasi dan dokumentasi di toko @bigcheese.id, dan sumber data sekunder yang didapat dari literature dan dokumentasi seperti buku-buku, jurnal, dan lainnya. Kemudian dianalisis dengan metode deskriptif analisis. Adapun hasil dari penelitian ini yang pertama, bentuk pertanggungjawaban konsumen yang wanpretasi melalui sistem pre order pada akun instagram @bigcheese.id yaitu berupa uang ganti rugi sesuai dengan kesepakatan para pihak dan harga produk yang dipesan oleh konsumen. Kedua, upaya penyelesaian sengketa wanprestasi konsumen terhadap pelaku usaha melalui sistem pr order pada akun instagram @bigcheese.id menurut Hukum Ekonomi Syariah yaitu dengan cara itikad baik melalui jalur di luar pengadilan (non litigasi) hal ini dilakukan untuk mencapai perdamaian (ishlah), dimana keputusan ini telah disepakati secara sadar oleh para pihak. Kata Kunci : Sengketa, Wanprestasi, Pre Order, Hukum Ekonomi Syariah

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Hukum Ekonomi Islam (Muamalah)
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 30 Jan 2024 02:11
Last Modified: 30 Jan 2024 02:11
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/12558

Actions (login required)

View Item View Item