PENGARUH PENGEMBANGAN BAHAN AJAR SKI BERBASIS GOOGLE CLASSROOM UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR ASPEK KOGNITIF KONSEPTUAL SISWA KELAS VII DI MTS NEGERI 6 MAJALENGKA

Ahmad Mujahid Praja Kusuma, (2020) PENGARUH PENGEMBANGAN BAHAN AJAR SKI BERBASIS GOOGLE CLASSROOM UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR ASPEK KOGNITIF KONSEPTUAL SISWA KELAS VII DI MTS NEGERI 6 MAJALENGKA. Masters thesis, S-2 Pendidikan Agama Islam.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (322kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (179kB) | Preview

Abstract

Pengaruh Pengembangan Bahan Ajar SKI Berbasis Google Classroom untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Aspek Kognitif Konseptual Siswa Kelas VII di MTs Negeri 6 Majalengka Perkembangan zaman membuat perubahan paradigma pendidikan termasuk tata cara pengajaran di kelas. Sumber pengetahuan di era teknologi informasi ini sangat beragam tinggal bagaimana seorang guru memaksimalkan mengemas era teknologi ini menjadi sebuah bentuk pembelajaran. Dengan semakin pesatnya perkembangan teknologi, kegiatan pembelajaran tidak selalu dilakukan di dalam kelas, tetapi bisa juga dilakukan di luar ruangan dengan memanfaatkan aplikasi yang dapat membantu membentuk peserta didik menjadi berkarakter dan aktif. Salah satu aplikasi tersebut adalah Google Classroom. Fitur-fitur dalam aplikasi ini sangat kaya sehingga dapat menunjang berbagai kegiatan baik itu penyampaian meteri maupun evaluasi untuk mengukur sejauh mana keberhasilan pembelajaran. Penelitian ini bertolak dari rumusan masalah, yaitu: 1. Bagaimana motivasi dan hasil belajar siswa dengan menggunakan bahan ajar SKI berbasis Google Classroom ? 2. Bagaimana motivasi dan hasil belajar siswa dengan tanpa menggunakan bahan ajar SKI berbasis Google Classroom ? 3. Seberapa besar pengaruh bahan ajar SKI berbasis Google Classroom dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas VII di MTs Negeri 6 Majalengka ? Tujuan dari penelitian ini adalah: Untuk menjelaskan pengembangan bahan ajar SKI berbasis Google Classroom dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar aspek kogtitif konseptual siswa. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes, observasi, dokumentasi, dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian ini: 1) Motivasi dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan setelah diterapkan bahan ajar yang menggunakan Google Classroom terlihat dari hasil pretest nilai motivasi belajar terendah 40 dan nilai tertinggi 70. Hasil postest terendah 80 dan tertinggi 85. Sedangkan nilai hasil belajar terendah 20 dan tertinggi 75 untuk pretest. Dan nilai postest terendah 70, tertinggi 85. 2) Motivasi dan hasil belajar siswa yang tidak menggunakan bahan ajar berbasis Google Classroom mengalami peningkatan tetapi tidak setinggi yang menggunakan bahan ajar Google Classroom, hal ini dilihat dari hasil pretest terendah 40 dan nilai tertinggi 70. Dan nilai postest terendah 55, 80 nilai tertinggi. Sedangkan nilai hasil belajar pretest terendah 20 dan tertinggi 60. Dan nilai postest terendah 60, tertinggi 70. 3) Penggunaan bahan ajar berbasis Google Classroom berpengaruh terhadap motivasi dan hasil belajar siswa di MTs Negeri 6 Majalengka, hal ini ditunjukan dari perolehan hasil penghitungan hipotesis, yang menunjukan bahwa nilai thitung= 2,43492> ttabel= 2,021 sedangkan nilai hasil belajar siswa yaitu thitung = 5,22233> ttabel = 2,021. Kata Kunci : Bahan Ajar Berbasis Google Classroom, Motivasi dan Hasil Belajar Siswa

[error in script]
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Pengembangan Bahan Ajar
Divisions: Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 23 Feb 2024 06:53
Last Modified: 01 Mar 2024 09:21
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/12745

Actions (login required)

View Item View Item