MANAJEMEN PESANTREN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN SANTRI KALONG DI PESANTREN SHOHIBUL BAROKAH INDRAM

Nurmaya Hayatun Ni’mah, (2023) MANAJEMEN PESANTREN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN SANTRI KALONG DI PESANTREN SHOHIBUL BAROKAH INDRAM. Masters thesis, S-2 Manajemen Pendidikan Islam.

[img] Text
AWALAN -DAFTAR ISI.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (508kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (422kB)
[img] Text
DAPUS.pdf

Download (525kB)

Abstract

Pesantren merupakan salah satu lembaga pendidikan tertua di Indonesia yang memiliki kontribusi penting dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Lembaga ini layak diperhitungkan dalam pembangunan bangsa di bidang pendidikan, keagamaan, dan moral. Dilihat secara historis, pesantren memiliki pengalaman luar biasa dalam membina, mencerdaskan, dan mengembangkan masyarakat. Bahkan, pesantren mampu meningkatkan perannya secara mandiri dengan menggali potensi yang dimiliki masyarakat di sekelilingnya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui proses manajemen dalam meningkatkan kulaitas pembelajaran santri kalong dan dampak dari penerapan manajemen pesantren dalam meningkatkan kualitas pembelajaran santri kalong di Pesantren Shohibul Barokah Indramayu. Penelitian ini peneliti menggunakan jenis penelitian deskriptif dan menggunakan metode kualitatif. Untuk mendapatkan hasil dengan menggambarkan kondisi yang dilihat di lapangan secara apa adanya dan untuk mendapatkan hasil yang sesuai dengan peneliti inginkan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu: Observasi, Wawancara mendalam, dan Dokumentasi. Hasil penelitian yang diperoleh, bahwa: 1) Proses manajemen pesantren sudah dilaksanakan dengan baik yang terdiri dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi; 2) Dampak dari penerapan manajemen pesantren dalam meningkatkan kualitas pembelajaran santri kalong di Pesantren Shohibul Barokah Indramayu, bahwa santri kalong dapat mengikuti pembelajaran ngaji maupun pembelajaran kitab dan pembelajaran yang lainnya dengan baik dan secara sistematis. Serta dengan kesabaran dan ketukunan yang pengajar lakukakan, santri dapat menguasai materi-materi pokok sesuai tingkatannya dengan baik. Akan tetapi ada kendala dengan waktu, karena santri-santri merupakan santri kalong, jadi ada kalanya yang seharusnya mereka berangkat mengaji tapi mereka tidak berangkat karena alasan sekolah dan alasan lainnya. Bagi santri kalong dewasa di marhalah Qur’an yang sudah SMA/SMK/ MA ada keluhan di waktu kegiatan yang telah diterapkan pesantren, karena waktu yang berlebihan, dan waktu bertumpang tindihan dengan sekolah. Di marhalah Juz’amma bil Ghoib ada beberapa santri kalong yang kualahan terhadap hafalan Juz’amma-nya, karena factor tugas sekolah, dan factor di rumah. Kata Kunci : Manajemen Pesantren, Santri Kalong, Peningkatan Belajar

[error in script]
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 03 Apr 2024 04:40
Last Modified: 03 Apr 2024 04:40
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/13013

Actions (login required)

View Item View Item