Strategi Pemasaran Media Sosial Dalam Pengembangan Bisnis Di Fiverr Perspektif Ekonomi Syariah (Studi Kasus Fiverr Seller Indonesia)

Muhammad Farhan Fadlur Rahman, (2024) Strategi Pemasaran Media Sosial Dalam Pengembangan Bisnis Di Fiverr Perspektif Ekonomi Syariah (Studi Kasus Fiverr Seller Indonesia). Bachelor thesis, S1 Ekonomi Syariah IAIN Syekh Nurjati.

[img] Text
2008204105_1_cover.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2008204105_2_bab1.pdf

Download (664kB)
[img] Text
2008204105_6_bab5.pdf

Download (536kB)
[img] Text
2008204105_7_dafpus.pdf

Download (602kB)

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dewasa ini semakin meningkat, berbanding lurus dengan banyak munculnya berbagai media sosial. Media sosial yang awalnya hanya digunakan sebagai sarana berkomunikasi kian hari juga digunakan sebagai media pemasaran produk. Sementara dalam bidang bisnis atau ekonomi munculnya berbagai platform bisnis salah satunya adalah fiverr. Fiverr merupakan platform utama mikro-Job di internet, platform freelance terbesar dengan jutaan user aktif. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui strategi pemasaran melalui media sosial oleh seller fiverr di Indonesia serta perspektifnya dalam ekonomi syariah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif dengan sampel sebanyak 5 orang seller fiverr yang memenuhi kriteria yang telah ditetapkan. Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik uji keabsahan data yang digunakan menggunakan metode Triangulasi. Hasil penelitian ini yaitu strategi pemasaran media sosial dengan perpaduan metode STP (Segmenting, Targeting, dan Positioning) serta Marketing Mix 7P (Product, Price, Price, Promotion, Process, People, dan Physical Evidence) yang diterapkan seller fiverr di Indonesia memiliki peran yang sangat penting dalam meningkatkan penjualan di platform fiverr. Sementara dalam perspektif ekonomi syariah seller fiverr di Indonesia sudah menerapkan konsep pemasaran sesuai syariah yaitu, ketauhidan, keseimbangan, kehendak bebas, tanggung jawab, dan kejujuran. Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Media Sosial, Fiverr, Pemasaran Syariah

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 22 May 2024 02:11
Last Modified: 22 May 2024 02:11
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/13201

Actions (login required)

View Item View Item