Strategi Digital Marketing dalam Meningkatkan Daya Saing Pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru di MI Al-Washliyah Perbutulan Sumber Cirebon

Dania Salma, (2024) Strategi Digital Marketing dalam Meningkatkan Daya Saing Pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru di MI Al-Washliyah Perbutulan Sumber Cirebon. Masters thesis, S-2 Manajemen Pendidikan Islam.

[img] Text
AWALAN -DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (275kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (260kB)
[img] Text
DAPUS.pdf

Download (321kB)

Abstract

Penerimaan peserta didik baru merupakan salah satu faktor krusial yang berdampak pada kelangsungan hidup suatu lembaga pendidikan. Dalam konteks ini, penerapan strategi digital marketing menjadi alat yang mampu memperluas cakupan promosi, meningkatkan eksposur, dan mengoptimalkan interaksi dengan calon peserta didik beserta orang tua mereka. Oleh karena itu, fokus penelitian ini adalah untuk menyelidiki dan menganalisis sejauh mana penerapan strategi digital marketing dapat meningkatkan daya saing dalam proses penerimaan peserta didik baru di MI Al-Washliyah Perbutulan Sumber Cirebon. Transformasi perilaku konsumen, kemajuan media sosial, dan kebutuhan akan informasi yang cepat dan tepat menghadirkan tantangan yang signifikan bagi institusi pendidikan. Oleh karena itu, penting untuk mengungkapkan pemahaman mendalam mengenai cara optimal mengintegrasikan strategi digital marketing dalam konteks pendidikan Islam di Cirebon. Tujuan dari penelitian ini adalah memberikan kontribusi positif terhadap pengelolaan penerimaan peserta didik baru di MI Al-Washliyah. Metode penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan cara observasi, wawancara, dan dokumenter. Strategi digital marketing yang digunakan MI Al Washliyah Perbutulan Sumber Cirebon adalah group Whatsapp dengan kemitraan dan group dengan orang tua siswa, Facebook, Instagram, dan Youtube. Faktor yang mendukung keberhasilan dari strategi digital marketing yang digunakan MI Al Washliyah yakni dengan adanya tranparansi informasi dan pesan-pesan yang terkandug dalam konten di platform online mereka. Hasil dari penggunaan platform online, berhasil dalam menarik perhatian orang tua calon peserta didik baru. Dengan demikian, penerapan strategi digital marketing memberikan dampak positif bagi MI Al Washliyah Perbutulan Sumber Cirebon dalam meningkatkan daya saing, serta menunjukan pentingnya adaptasi tren digital dalam dunia pendidikan. Kata Kunci: MI Al Washliyah Perbutulan Sumber Cirebon, Digital Marketing, Daya Saing.

[error in script]
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: History
History
IAIN Syekh Nurjati Cirebon > History

H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 29 May 2024 03:24
Last Modified: 29 May 2024 03:24
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/13228

Actions (login required)

View Item View Item