PENGARUH LITERASI KEUANGAN DAN GAYA HIDUP TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF PENGGUNA SHOPEE PAYLATER PADA GENERASI Z (Studi Kasus pada Mahasiswa FEBI IAIN Syekh Nurjati Cirebon)

Risma Khaerunisa, (2024) PENGARUH LITERASI KEUANGAN DAN GAYA HIDUP TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF PENGGUNA SHOPEE PAYLATER PADA GENERASI Z (Studi Kasus pada Mahasiswa FEBI IAIN Syekh Nurjati Cirebon). Bachelor thesis, S1 Ekonomi Syariah IAIN Syekh Nurjati.

[img] Text
2008204033_1_cover.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2008204033_2_bab1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2008204033_6_bab5.pdf

Download (862kB)
[img] Text
2008204033_7_dafpus.pdf

Download (1MB)

Abstract

Perkembangan digital serta teknologi informasi yang semakin pesat dapat memudahkan segala aktivitas dalam kehidupan sehari-hari. Munculnya financial technology (fintech) menjadi terobosan perkembangan teknologi di bidang ekonomi. Paylater merupakan salah satu inovasi fintech yang sedang populer di Indonesia. Salah satu aplikasi e-commerce yang menyediakan fitur layanan paylater adalah Shopee. Fitur layanan Shopee paylater ini menempati urutan teratas dibandingkan aplikasi layanan penyedia layanan paylater lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari literasi keuangan dan gaya hidup terhadap perilaku konsumtif pengguna Shopee paylater. Populasi sasaran penelitian ini adalah generasi Z dengan difokuskan meneliti mahasiswa FEBI IAIN Syekh Nurjati Cirebon pengguna Shopee paylater. Teknik yang digunakan dalam menentukan sampel yaitu dengan menggunakan purposive sampling dan rumus Slovin sehingga ditemukan sebanyak 97 sampel yang harus diteliti. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan instrumen pengumpulan data menggunakan angket berupa kuesioner yang disebar melalui formulir google. Data yang telah didapat dari 97 sampel dianalisis menggunakan software Statistical Product and Service Solutions (SPSS) 23.0 dan dianalisis sesuai dengan ketentuan analisis data kuantitatif. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa variabel literasi keuangan berpengaruh negatif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif pengguna Shopee paylater. Kemudian, variabel gaya hidup berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif pengguna Shopee paylater. Sedangkan secara simultan variabel literasi keuangan dan gaya hidup berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif pengguna Shopee paylater. Hal ini menunjukkan bahwa tinggi rendahnya tingkat literasi keuangan dan gaya hidup mahasiswa akan berpengaruh pada perilaku konsumtif saat menggunakan layanan Shopee paylater. Kata Kunci: Perilaku Konsumtif, Literasi Keuangan, Gaya Hidup

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 29 May 2024 04:46
Last Modified: 29 May 2024 04:47
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/13231

Actions (login required)

View Item View Item